Breaking News:

HMP Ilmu Perpustakaan Gelar Pelatihan Inlislite, Aplikasi Terbaru Perpusnas

Pelatihan ini bertujuan memperkenalkan Inlislite sebagai aplikasi terbaru milik Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI

SERAMBINEWS.COM/YARMEN DINAMIKA
Kepala Dinas Arpus Aceh, Dr Wildan MPd (kanan) menyerahkan plakat kepada Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional RI, Dr Joko Santoso MHum selaku narasumber tunggal dalam Seminar Rencana Strategis Perpustakaan di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh, Selasa (25/9/2018) pagi. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Diploma III Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry menggelar Pelatihan Aplikasi Inlislite 3.1 di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, Sabtu (29/9/2018).

Pelatihan ini bertujuan memperkenalkan Inlislite sebagai aplikasi terbaru milik Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  (Arpus) Aceh, Dr Wildan MPd mengatakan, pelatihan aplikasi tersebut sangat dibutuhkan bagi calon pustakawan dan pengelola perpustakaan guna meningkatkan dan memperbarui pengetahuan di bidang layanan perpustakaan.

Baca: Perpustakaan Unsyiah Lulus Sertifikasi ISO 27001

“Inlislite sebuah sistem yang diperuntukan bagi semua kalangan. Pengelola dan pustakawan harus menguasai Inlislite,” kata Wildan.

Ia mengapresiasi inisiatif yang dilakukan mahasiswa DIII Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry ini. "Bukan hanya penting, tapi ini sudah seharusnya dilakukan," imbuh Wildan.

Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas RI, Dr Joko Santoso MHum mengatakan, pelatihan yang dibuat oleh Mahasiswa DIII Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry suatu langkah maju.

“Sebenarnya kepustakawanan itu adalah sebuah praktik sosial. Kalau kita melakukan praktik sosial kita harus mempunyai tools. Salah satu tools untuk mengorganisasikan informasi kemudian mendistribusikannya  harus ada aplikasi. Satu dari sekian aplikasi yang saat ini banyak digunakan dan direkomendasikan oleh Perpusnas RI adalah Inlislite,” kata Inisiator Inlislite itu saat dihubungi Serambinews.com  tadi sore.

Baca: Perpustakaan Harus Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Inlislite merupakan aplikasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpusnas RI.

Inlislite dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital, mengelola, dan melayankan koleksi digital.

Aplikasi Inlislite 3.1 ini merupakan perkembangan dari Inlislite sebelumnya. Dikembangkan beberapa fitur dari Inlislite 3.0 sehingga kini menjadi Inlislite 3.1.

Aplikasi baru ini memiliki program Back Office, Baca di Tempat, Buku Tamu, Keanggotaan Online, Layanan Koleksi Digital, OPAC, Artikel, Pendaftaram Anggota, Statistik, Survei, Pengembalian Mandiri, dan Peminjaman Mandiri.

Baca: Dua Ruang Belajar dan Perpustakaan SMPN Paru Pidie Jaya Terbakar

Koordinator pelatihan aplikasi Inlislite 3.1, Ipak Yuni Mahara mengatakan, pelatihan ini bertujuan menyiapkan calon pustakawan DIII Ilmu Perspustakaan sebelum nantinya terjun langsung sebagai pustakawan sungguhan.

“Mahasiswa DIII dituntut bisa menjadi teknisi, jadi pelatihan ini akan sangat memudahkan mereka semua saat magang nanti,” jelas Ipak Yuni Mahara.

Ia menambahkan, pelatihan aplikasi Inlislite 3.1 yang berlangsung sehari, disampaikan langsung oleh pustakawan ahli, yakni Fedri Hidayat SIP dan Direktur Library Design Institute Nasrijal SIP. (*)

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved