Jembatan Darurat Singgah Mata-Cot Paya Ambruk

Jembatan darurat berkonstruksi kayu yang menghubungkan Desa Singgah Mata dengan Desa Cot Paya, Kecamatan

Jembatan Darurat Singgah Mata-Cot Paya Ambruk
FOTO IST
JEMBATAN penghubung Desa Singgah Mata-Cot Paya Kecamatan Baktiya, Aceh Utara ambruk karena lapuk dimakan usia. 

LHOKSUKON – Jembatan darurat berkonstruksi kayu yang menghubungkan Desa Singgah Mata dengan Desa Cot Paya, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, ambruk beberap hari yang lalu. Akibatnya, warga di kawasan itu harus melintasi jalur alternatif dengan jarak lebih jauh dari sebelumnya.

“Jembatan darurat tersebut dibangun pada 2014 oleh Pemkab Aceh Utara, agar warga bisa melintasi melalui jalur itu. Tapi sekarang sudah lapuk terutama tiang jembatan, sehingga beberapa hari lalu sudah ambruk. Kini kami tak bisa melintasinya,” lapor Keuchik Singgah Mata, Tgk Mahmud Idris kepada Serambi, Senin (12/11).

Disebutkan, panjang jembatan tersebut sekitar 18 meter dengan lebar sekitar empat meter. “Awalnya, di lokasi itu terdapat jembatan permanen yang dibangun pada tahun 1990-an. Tapi pada Juli 2014 lalu juga ambruk. Lalu, dibangunlah jembatan darurat agar warga bisa melintasinya. Tapi hanya mampu bertahan empat tahun,” ujar Keuchik.

Untuk itu, Keuchik berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Utara secepatnya membangun jembatan darurat di lokasi itu, supaya warga bisa melintasinya. “ Jembatan itu bukan hanya dilintasi warga dari sejumlah desa, tapi juga anak sekolah dan santri pada malam hari,” katanya.

Sementara Kabid Jembatan dan Jalan Dinas PUPR Aceh Utara, Muhammad kepada Serambi kemarin menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait jembatan yang ambruk. Karena itu, ia akan berkoordinasi dengan dinas terkait di Provinsi Aceh, untuk pinjam pakai jembatan bongkar pasang akan dapat dipasang di jembatan tersebut.

“Kita belum bisa memastikan apakah ada stok jembatan bongkar pasang di provinsi. Jika memang ada akan kita pasang, tapi jika tidak ada akan dicari solusi lainnya. Untuk pembangunan baru direncankan akan diusulkan pada 2020 mendatang,” pungkas Muhammad.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved