Petani Bandardua Tetapkan Jadwal Turun ke Sawah

Petani di Luengputu Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya, sepakat untuk kembali turun ke sawah pada musim tanam gadu (MTG) 2019

Petani Bandardua Tetapkan Jadwal Turun ke Sawah
Serambi Indonesia
Petani di Suka Makmue Mulai Turun ke Sawah 

MEUREUDU - Petani di Luengputu Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya, sepakat untuk kembali turun ke sawah pada musim tanam gadu (MTG) 2019 mulai pekan depan. Petani meminta pemerintah untuk merehabilitasi bendungan Teupin Raya (Neulop Semet) yang rusak, serta beberapa pintu air, termasuk saluran primer.

Hal itu berdasarkan hasil musyawarah para keuchik, kejruen blang serta imum mukim yang digelar di gedung pertemuan, Kamis (14/2). Untuk perolehan hasil panen 2018/2019 turun, rata-rata 6,8 ton per hektare atau turun 300 kg/ha dibandingkan musim panen lalu.

Pertemuan itu dihadiri Kadistanpang Pijay, camat dan anggota muspika untuk menetapkan jadwal turun ke sawah yang diawali dengan kenduri blang 15 sampai 23 Februari 2019, pengolahan tanah 23 Februari sampai 1 5 Maret 2019, tabur benih 16 Maret sampai 3 April 2019.

Sedangkan penanaman mulai dari 4 smapai 23 April 2019 dan selesai tanam (top blang) 24 April 2019. Sehingga, musim panen diperkirakan mulai berlangsung pekan pertama Juli 2019 mendatang. “itu adalah jadwal yang paling tepat,” kata camat.

Kadistanpang Pijay, drh Muzakkir Muhammad, dalam sambutannya menyatakan mendukung sepenuhnya petani Bandarbaru. Dia juga memberi apresiasi atas kesepakatan petani untuk memulai musim tanam dan hal itu berbeda dengan kecamatan lainnya. Muzakkir menjelaskan hanya Bandarbaru yang paling tepat jadwal tanam, diikuti Kecamatan Trienggadeng dan Panteraja.(ag)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved