Plt Gubernur Resmikan Masjid Agung Subulussalam

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Selasa (5/3), meresmikan Masjid Agung Subulussalam yang berada di Jalan Teuku Umar

Plt Gubernur Resmikan Masjid Agung Subulussalam
SERAMBI/KHALIDIN
PLT Gubernur Aceh Nova Iriansyah menandatangani prasasti peresmian Masjid Agung Subulussalam di Jalan Teuku Umar, Desa Belegen Mulia, Kecamatan Simpang Kiri, Selasa (5/3). 

SUBULUSSALAM - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Selasa (5/3), meresmikan Masjid Agung Subulussalam yang berada di Jalan Teuku Umar, Desa Belegen Mulia, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam. Semula masjid kebanggaan Kota Subulussalam ini direncanakan akan diresmikan Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Lukman Hakim Saifuddin, namun batal.

Humas Panitia Porseni Aceh, Rusi yang dikonfirmasi Serambi mengaku Menag Lukman Hakim berhalangan hadir dalam kegiatan tersebut. Rusli tidak menjelaskan secara detail alasan halangan sang menteri yang sangat diharapkan pemerintah dan masyarakat hadir ke Kota Sada Kata itu. Rusli hanya mengaku jika sang menteri berhalangan hadir, sehingga pembukaan porseni diwakilkan kepada Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Umar.

Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti dalam sambutannya mengulas cikal bakal pembangunan masjid berukuran 36X38 meter persegi dan diperkirakan akan mampu menampung 3.400 jamaah ini. Dikatakan, masjid ini dibangun di awal kepemimpinannya yakni 2010 lalu dan berkat kedekatan dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf kala itu langsung mendapat dana Rp 9 miliar. ”Kemudian dananya juga hasil gotong royong hingga terhimpun Rp 2 miliar dari Rp 60 miliar perkiraan,” ujar Merah Sakti

Dalam kesempatan itu Merah Sakti juga menjelaskan mengapa peresmian masjid tersebut digelar meski pembangunan belum selesai dilaksanakan. Menurutnya, peresmian dibuat saat ini guna menghindari adanya klaim pembangunan.”Kami tidak ingin kambing punya susu, sapi punya nama,” ujar kata Sakti.

Pada bagian lain, Merah Sakti mengusulkan agar Plt Gubernur Aceh membantu peningkatan pembangunan masjid ke depan. Dia meminta paling tidak Rp 1 miliar guna pembangunan pagar dan paving blok Masjid Agung Subulussalam. Sakti juga membeberkan betapa torehan pembangunan yang dia lakukan dalam memimpin Subulussalam dua periode. Dikatakan, semua telah dibangun, masjid agung, jalan dua jalur, sekolah, pesantren, bahkan program umrah bagi guru pesantren.

Sementara Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT mengatakan, takjub dengan bangunan Masjid Agung. Nova pun menyarankan agar masjid ini menjadi pusat pendidikan dan penyebaran agama Islam. Selain itu, Masjid juga diharapkan menjadi pusat menyelesaikan semua persoalan umat dan pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bersyariat.(lid)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved