Berita Foto

FOTO-FOTO Fenomena Halo di Langit Aceh

Berdasarkan pencarian di Wikipedia. "Halo disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari

FOTO-FOTO Fenomena Halo di Langit Aceh - halo-1.jpg
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Fenomena halo terlihat dilangit Kota Banda Aceh, Selasa (12/3/2019).
FOTO-FOTO Fenomena Halo di Langit Aceh - halo-3.jpg
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Fenomena halo terlihat dilangit Kota Banda Aceh, Selasa (12/3/2019).
FOTO-FOTO Fenomena Halo di Langit Aceh - halo-4.jpg
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Fenomena halo terlihat dilangit Kota Banda Aceh, Selasa (12/3/2019).

Laporan Budi Fatria | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Langit di Banda Aceh pagi ini, Selasa (12/3/2019), terlihat berbeda dari hari biasanya. Ramai warga mengabadikan matahari yang dikelilingi warna pelangi atau yang dikenal fenomena halo.

Baca: Halo Matahari Terlihat di Langit Lhokseumawe

Fenomena halo ini terlihat dilangit pada pukul 11.00 Wib. Selain di Kota Banda Aceh, fenomena ini juga terlihat di daerah lain seperti Aceh Besar dan Aceh Barat, yang terpantau dari foto-foto yang dikirim ke media sosial.

Baca: Fenomena Alam Supermoon Terjadi Lagi

Berdasarkan pencarian di Wikipedia. "Halo disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Ada berbagai macam halo, tetapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus (biasanya cirrostratus) yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer.

Baca: Ini Peristiwa Langit Sepanjang Maret 2019, Mulai dari Planet Sejajar dengan Matahari Hingga Ekuinoks

Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

Baca: Daftar Fenomena Langit Indonesia Tahun 2019, Gerhana Bulan hingga Gerhana Matahari, Catat Tanggalnya

Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

Baca: Fenomena Halo Matahari di Aceh Besar

Sebelum ilmu meteorologi dikembangkan, Fenomena atmosfer Halo digunakan sebagai sarana untuk prakiraan cuaca. Fenomena optis lain yang disebabkan oleh kristal es di angkasa adalah pelangi. (*)

Penulis: Budi Fatria
Editor: Budi Fatria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved