Unit Hemodialisa RSUD Langsa Peringati Hari Ginjal Sedunia

Unit Hemodialisa RSUD Langsa memperingati Hari Ginjal Sesunia yang pada tanggal 14 Maret, dengan tema kesehatan ginjal untuk siapapun dan dimanapun.

Unit Hemodialisa RSUD Langsa Peringati Hari Ginjal Sedunia
For Serambinews.com
dr Misriani penanggungbkawab Unit Hemodialisa RSUD Langsa bersama petugas lainnya, berfoto bersama usai melakukan kegiatan peringatan Hari Ginjal sedunia. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA -- Unit Hemodialisa RSUD Langsa, Jumat (15/3/2019) memperingati Hari Ginjal Sedunia yang pada tanggal 14 Maret, dengan tema kesehatan ginjal untuk siapapun dimanapun.

Penanggung jawab Unit Hemodialisa RSUD Langsa, dr Misriani SpPD FINASIM, kepada Serambinews.com, mengatakan, saat ini diperkirakan 850 juta masyarakat dunia menderita penyakit ginjal dengan berbagai sebab.

Dan hampir 10 persen populasi di dunia menderita penyakit ginjal kronik yang bisa dialami oleh siapa saja, tanpa memandang usia dan ras.

Sekarang ini penyakit ginjal menjadi penyebab kematian nomer 6 dari seluruh kematian.

Di RSUD Langsa kini ini tercatat 50 orang pasien yang menderita penyakit gagal ginjal kronik, yang kini menjalani hemodialisa 2 kali dalam setiap minggunya.

Baca: Jangan Lengah dengan Pemicunya Ini, Ternyata Gagal Ginjal Bisa Muncul Hanya Dalam Hitungan Jam

Baca: Pria Ini Rela Jual Ginjal demi Beli iPhone 4, Begini Nasibnya Sekarang

Baca: 56 Batu Bersarang di Ginjal Bocah 9 Tahun, Awalnya Merasa Sakit di Bagian Pinggang

"Hal ini tentu membuat kita harus lebih waspada dan memulai langkah- langkah untuk pencegahan dan pengobatan dini dari penyakit ginjal," ujarnya.

dr Misriani menambahkan, penyakit ginjal tahap awal sering tidak memiliki tanda dan gejala yang khas, deteksi perlu dilakukan pada orang-orang yang beresiko tinggi terkena gangguan ginjal.

Seperti pada pasien diabetes melitus, tekanna darah tinggi, riwayat penyakit ginjal di keluarga, memiliki berat badan berlebih, merokok dan berusia lebih dari 50 tahun.

Pada peringatan Hari Ginjal Sedunia tahun 2019 ini, Unit Hemodialisa RSUD Langsa juga ikut berpartisipasi dengan berbagai kegiatan kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved