Warga Cot Jrat Butuh Sumur Bor

Warga Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, sejak puluhan tahun lalu hingga kini masih kesulitan mendapatkan air bersih

Warga Cot Jrat Butuh Sumur Bor
Pekerja mengerjakan sumur bor milik warga di kawasan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (14/1). Pasca terjadinya krisis air bersih akibat terputusnya suplai air bersih dari PDAM Tirta Naga sebagian masyarakat pelanggan mulai membangun sumur bor di rumah mereka. 

BIREUEN - Warga Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, sejak puluhan tahun lalu hingga kini masih kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka berharap pemerintah membangun sumur bor di desa mereka.

Ismail, warga Cot Jrat kepada Serambi, Jumat (15/3), mengatakan, sejak dulu hingga kini warga desanya sangat sulit memperoleh air bersih. Jika pun butuh air bersih, warga harus mengangkutnya dari desa sekitar. “Kalau untuk minum mayoritas warga membeli air isi ulang. Untuk mencuci dan mandi memakai air yang diambil dari warga desa sekitar,” kata Ismail.

Hal itu juga diakui sejumlah warga Cot Jrat lainnya. Mereka sulit menggali sumur, karena letak desa mereka berada di dataran tinggi atau perbukitan, yaitu sebelah selatan Kota Bireuen, sehingga sangat sedikit warga yang menggali sumur.

Kecuali itu, meskipun jaringan pipa PDAM sudah masuk ke desa mereka, namun hanya beberapa rumah warga saja yang bisa memanfaatkan jaringan air PDAM. Warga setempat mengharapkan bantuan pemerintah untuk membangun sumur bor guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Cot Jrat, yang mayoritas menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian dan perkebunan. “Kami sangat mengharapkan dibangun sumur bor, agar warga kami mudah memperoleh air bersih,” harap Ismail.(c38)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved