Haba Dinkes Aceh

Dinkes Aceh akan Turun ke Meulaboh

Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh dilaporkan sudah menghubungi Dinkes Aceh Barat menyikapi ditemukannya satu keluarga

Dinkes Aceh akan Turun ke Meulaboh
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Penduduk Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, mengikuti vaksinasi difteri yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat, Jumat (26/1/2018). 

* Pastikan Kasus Sekeluarga Terjangkit Difteri

MEULABOH - Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh dilaporkan sudah menghubungi Dinkes Aceh Barat menyikapi ditemukannya satu keluarga di kabupaten itu terjangkit difteri. “Kita siap mendampingi tim Dinkes Aceh menemui keluarga tersebut,” kata Kadis Kesehatan (Kadinkes) Aceh Barat, TR Ridwan MKes kepada Serambi, Jumat (29/3).

Menurutnya, dengan turunnya tim Dinkes Aceh itu akan menguatkan upaya bersama untuk membendung penyebaran penyakit difteri tersebut sehingga tidak meluas. “Kepastian turun, belum ada kabar. Tapi, mereka (tim Dinkes Aceh) sudah menghubungi kita,” ujarnya.

Dijelaskan Ridwan, sekeluarga yang positif difteri yang setelah diperiksa itu akan terus diawasi oleh tim Dinkes, termasuk memastikan anaknya yang dirujuk ke RSUZA di Banda Aceh dapat segera sembuh seperti sediakala. “Temuan warga yang positif difteri merupakan kasus pertama. Apakah perlu vaksinasi, nanti akan dibahas termasuk perlu peningkatan sosialisasi,” ucap Ridwan.

Seperti diberitakan kemarin, satu keluarga terdiri atas ayah, ibu, dan seorang anak yang berusia 15 tahun, penduduk sebuah desa di Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat dilaporkan terjangkit difteri. Sang ayah dan ibu sudah sembuh, sedangkan anaknya harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Diperoleh informasi, penyakit difteri atau radang kerongkongan itu awalnya menyerang suami, kemudian menular kepada istrinya, dan terakhir kepada anak mereka. Namun, nama-nama warga yang terjangkit difteri tersebut tidak dibolehkan untuk dipublikasi terbuka oleh dinas kesehatan setempat karena dikhawatirkan akan membuat takut warga lain yang menetap di sekitar rumah keluarga tersebut.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved