Nagan Raya Data Semua Ibu Hamil

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya mulai mendeteksi dan mendata semua ibu hamil di wilayah itu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes)

Nagan Raya Data Semua Ibu Hamil
Serambi
Sekretaris Dinas Kesehatan Nagan Raya, Arafiq Karim, memperlihatkan akses daftar ibu hamil di Nagan Raya yang sudah terdata saat ini, Kamis (28/3/2019).SERAMBINEWS.COM/SA’DUL BAHRI 

SUKA MAKMUE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya mulai mendeteksi dan mendata semua ibu hamil di wilayah itu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya angka kematian ibu dan bayi.

“Saat ini, semua ibu hamil (bumil) sudah terdata yakni sekitar 818 bumil, termasuk memprediksi jadwal kelahiran bayi yang dikandung oleh masing-masing ibu hamil tersebut,” jelas Arafiq Karim, Sekretaris Dinas Kesehatan Nagan Raya kepada Serambi, Kamis (28/3).

Dijelaskan dia, masih banyak ibu hamil di beberapa kecamatan yang belum terdata. Untuk itu, bidan desa diminta memantau kondisi bumil di masing-masing desa yang menjad tempat tugasnya tersebut.

“Kami dari pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan akan berupa semaksimal mungkin melakukan pencegahan terjadinya risiko kematian bayi dan ibu, sehingga kami lakukan sejumlah terobosan baru, termasuk mendeteksi semua ibu hamil secara online,” jelasnya.

Para ibu hamil yang diakses secara online itu hanya untuk intern dinas saja yang bisa membukanya, tidak untuk umum. Hal itu untuk memudahkan petugas mengawasinya, terutama mereka yang kurang mampu yang membutuhkan bantuan saat melahirkan.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved