Jangan Pilih Caleg yang Berikan Uang

Ustaz Abdul Somad (UAS) meminta masyarakat Aceh Tenggara (Agara) agar tidak memilih calon legislatif (caleg)

Jangan Pilih Caleg yang Berikan Uang
SERAMBI/ASNAWI
RIBUAN jamaah menghadiri tablig akbar Ustaz Abdul Somad dalam rangka memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah di Stadion Haji Syahadat, Kutacane, Aceh Tenggara, Rabu (3/4). 

* UAS Saat Ceramah di Agara

KUTACANE - Ustaz Abdul Somad (UAS) meminta masyarakat Aceh Tenggara (Agara) agar tidak memilih calon legislatif (caleg) yang melakukan politik uang atau jual beli suara dalam Pemilu 2019 nanti. Uang pemberian caleg tersebut dikatakan UAS, merupakan uang haram.

“Kalau ada caleg yang memberikan uang untuk menjoblos dirinya, jangan mau menjoblosnya,” kata UAS saat mengisi tabligh akbar peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah, di Stadion Haji Syahadat Kutacane, Rabu (3/4).

Acara tersebut mengangkat tema ‘Membumikan Salat Merawat Amanat’. Massa terlihat tumpah ruah memadati lapangan hingga ke tribun stadion. Meskipun cuaca sepanjang siang kemarin cukup terik, massa tetap bergeming.

UAS mengatakan, uang yang diberikan caleg tetapi dengan imbalan untuk mencoblos dirinya, merupakan uang haram. Karena itu, uang pemberian caleg tersebut tidak boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. “Jaga anak-anak kita agar tidak memakan uang haram,” ujarnya.

Lantas digunakan kemana uang haram tersebut? UAS menyarankan untuk memberikannya kepada pantai asuhan dan masjid-masjid. “Ambil uangnya, berikan ke pantai asuhan maupun masjid. (Tetapi) jangan pilih orangnya, karena ini merusak moral dan pesta demokrasi,” pungkas dai kondang asal Riau ini.

UAS mengingatkan masyarakat agar tidak salah memilih, sebab menjelang pemilihan, banyak caleg yang tiba-tiba rajin shalat ke masjid. Ia menyarankan agar memilih caleg yang memang dari sejak awal rajin mendirikan shalat, tidak hanya menjelang Pemilu semata.

“Shalat lima waktu adalah wajib, dan bagi orang islam yang tidak mau mendirikan solat, maka bisa dikatakan masuk golongan kafir,” sebut UAS. “Kalau mau menengok orang beriman lihatlah salat subuhnya,” imbuhnya lagi.

Antusiasme masyarakat Aceh Tenggara (Agara) untuk menghadiri tabligh akbar peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah di Stadion Haji Syahadat Kutacane, sangat tinggi. Kehadiran Ustaz Abdul Somad (UAS) ibarat magnet, membuat masyarakat berduyun-duyung datang ke lokasi acara.

Ketua Panitia Pelaksana dari PT Hatta Mabrur Aceh Tenggara (Agara), Ustaz HM Hatta Bulkaini SKD alias Haji Mude, kepada Serambi, Rabu (3/4), menyebutkan bahwa Stadion Haji Syahadat Kutacane sangat padat dan sesak.

“Stadion itu mampu menampung 30.000 jamaah. Tetapi kita lihat kondisi lapangan padat dan sesak. Bahkan masyarakat membludak hingga sampai ke pelataran parkir,” sebut Haji Mude. Pihaknya berharap kehadiran UAS bisa memotivasi masyarakat untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Turut hadir dalam acara itu, Muspida Plus, Anggota Komisi III DPR RI H Muslim Ayub SH dan Ketua IKAT Aceh, H M Fadhil Rahmi LC. UAS tiba di Agara menggunakan helikopter tipe BELL 505 cateran dari Medan Marendal, Sumatera Utara.

Sementara itu, Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Rahmad Hardeny Yanto Ekosahputro SIK didampingi Kabag Ops, AKP Yasir, mengatakan, dalam pengamanan UAS kemarin, mereka menurunkan 50 personel. Pengamanan dilakukan di stadion Haji Syahadat Kutacane, perparkiran, di dalam mobil voorijder, dan di lokasi turunnya helikopter cateran.(as)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved