PLTA Pesangan 1 dan 2 Ditargetkan Beroperasi Tahun 2022

PLTA Pesangan 1 dan 2 di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2021-2022 mendatang.

PLTA Pesangan 1 dan 2 Ditargetkan Beroperasi Tahun 2022
Serambinews.com
Menteri ESDM, Ignasius Jonan didampingi Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah menandatangani prasasti peresmian tiga Gardu Induk (GI) di Aceh, Selasa (9/4/2019). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pesangan 1 dan 2 di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2021-2022 mendatang.

Pembangkit listrik berkapasitas 88 Mega Watt (MW) ini mengandalkan aliran Sungai Pesangan sebagai sumber energi.

Direktur PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto, kepada Serambinews.com, Selasa (9/4/2019) menyebutkan, pembangunan Proyek PLTA Pesangan, terdiri dari dua unit, yaitu Pesangan 1 dan Pesangan 2.

“Saat ini, progres pengerjaannya sudah mencapai 71 persen, dan akan dipercepat sehingga memasuki tahun 2021 dan 2022 bisa beroperasi,” kata Wiluyo.

Disebutkan, terkait dengan pembangunan Gardu Induk (GI) di Kampung Calo, Blang Gele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, awalnya direncanakan untuk mengevakuasi daya dari PLTA Pesangan 1 dan 2  ke grade sumatera yang akan membentang dari Lampung hingga Banda Aceh.

“Tetapi, sementara progres PLTA sedang dibangun. Maka listrik Takengon disuplai dulu dari Bireuen via GI Kampung Calo,” jelasnya.

Dia menambahkan, berkaitan dengan difungsikannya GI di Kampung Calo Blang Gele, bisa meningkatkan kehandalan listrik, karena selama ini, Takengon disuplai hanya dengan 20 kV, atau sekitar 10 sampai 15 meter, sehingga sangat rawan akan gangguan pohon, binatang, serta cuaca.

“Jadi dengan adanya transmisi dengan ketinggian 20 sampai 30 meter, bisa meminimalisir pemadaman akibat gangguan tadi, serta suplai listrik akan semakin baik,” sebut Wiluyo yang ditemui di sela-sela peresmian tiga GI oleh Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan di Kampung Calo, Blang Gele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.(*)

Baca: KPK Malaysia Tangkap Istri Najib Razak

Baca: Viral Video Konvoi Kampanye PDI-P Gunakan Knalpot Bising Dikawal Polisi, Ini Penjelasannya

Baca: FOTO-FOTO: Kerusakan Pascakerusuhan Demo PT EMM di Kantor Gubernur Aceh

Penulis: Mahyadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved