Antisipasi Penyakit Ngorok, Pijay Vaksin 1.200 Ekor Sapi dan Kerbau

Belasan petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pidie Jaya dalam dua pekan terakhir gencar melaksanakan vaksinasi terhadap sapi.

Antisipasi Penyakit Ngorok, Pijay Vaksin 1.200 Ekor Sapi dan Kerbau
SERAMBINEWS.COM/ABDULLAH GANI
Belasan petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pidie Jaya dalam dua pekan terakhir gencar melaksanakan vaksinasi terhadap ternak sapi dan kerbau. 

Laporan Abdullah Gani | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Belasan petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pidie Jaya dalam dua pekan terakhir gencar melaksanakan vaksinasi terhadap ternak sapi dan kerbau.  

Malah penyuntikan vaksin juga sasarannya pada  binatang liar khususnya anjing.

Penyuntikan vaksin terhadap kedua jenis binatang tersebut, kata drh Azhari, Koordinator Lapangan (Korlap) kepada Serambinews.com, gratis alias cuma-cuma.

Kegiatan yang ditangani 14 orang petugas termasuk beberapa diantaranya adalah dokter hewan (drh) saat ini sudah berlangsung sekitar dua pekan.

Dijadwalkan minggu pertama Bulan Mei 2019 mendatang harus selesai seluruhnya.

Vaksin disediakan provinsi, sementara petugas (vaksinator) yang hampir semuanya berstatus tenaga harian lepas/honorer  berasal dari Disbunnak Pidie Jaya.

Ternak besar (sapi dan kerbau) yang sudah divaksin, lanjut Azhari, berjumlah kurang lebih 1.200 ekor tersebar di sejumlah kecamatan di Pijay.

Sementara binatang buas khususnya anjing yang sudah divaksin sekitar 200 ekor.

Ditambahkan Azhari, pemberian vaksin melalui penyuntikan ke tubuh ternak sapi dan kerbau, bertujuan untuk mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Gani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved