Hanura Kuasai Kursi DPRK Subulussalam

Partai Hanura sepertinya akan meraih kursi terbanyak di DPRK Subulussalam

Hanura Kuasai Kursi DPRK Subulussalam
IST
Sejumlah pengurus DPC Hanura Aceh dan Korda Wilayah Aceh, Sudirman alias Haji Uma berfoto bersama di Jakarta . 

* PKB Tersingkir, PA Cuma 2 Kursi

SUBULUSSALAM - Partai Hanura sepertinya akan meraih kursi terbanyak di DPRK Subulussalam. Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang ditetapkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Kamis (2/5) malam lalu, partai ini berhasil mendapatkan kursi di semua daerah pemilihan (dapil), dan berpeluang menduduki kursi ketua DPRK.

Urutan berikutnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golongan Karya (Golkar) yang masing-masing akan mendapatkan jatah tiga kursi. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang beberapa periode selalu Berjaya di Subulussalam kali ini tumbang tanpa mendapat satu kursi pun. Kondisi serupa juga dialami PPP yang juga tidak mendapatkan kursi.

Sementara Partai Aceh (PA) yang pada Pemilu 2014 lalu berjaya hingga menjadi pimpinan di DPRK, kali ini ‘keok’ karena hanya mampu mengantarkan dua wakilnya. Partai Demokrat juga hanya mampu mempertahankan dua kursi.

Lain halnya dengan PKS yang selama tiga periode --termasuk saat masih bergabung dengan Aceh Singkil-- tidak pernah mendapat kursi, kali ini bakal mampu mengirimkan kadernya di kursi DPRK Subulussalam. PNA juga berhasil meraih dua kursi. Sementara PBB hanya mampu merebut satu kursi, sama halnya dengan Partai Gerindra.

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara, diketahui bahwa hanya ada empat orang calon petahana dari total 20 caleg yang diperkirakan lolos ke DPRK. Selain itu, juga ada tiga srikandi yang bakal duduk di parlemen, sama seperti dua periode sebelumnya.

Tiga srikandi yang dipastikan lolos ke DPRK tersebut, yaitu Dewita Karya Munte, politisi muda dari PAN, lalu Ade Rizky Noviani BR Bintang dari Hanura, dan Salehati dari PA yang juga calon petahana. Dua di antaranya merupakan utusan dari Kecamatan Sultan Daulat yang sebelumnya tidak pernah memiliki wakil rakyat unsur wanita.(lid)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved