Ramadhan 1440 H

Tiap Jelang Berbuka, Ada Kultum oleh Tokoh Top di Masjid Jamik Darussalam

BKM Jamik Kopelma Darussalam telah menyusun suatu agenda rutin sebagai bagian dari kegiatan Ramadhan di Kampus Darussalam, Banda Aceh.

Tiap Jelang Berbuka, Ada Kultum oleh Tokoh Top di Masjid Jamik Darussalam
Foto: Humas Unsyiah
Kultum oleh Warek II Unsyiah, Prof Dr Marwan pada Selasa (7/5/2019) sore.

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jamik Kopelma Darussalam telah menyusun suatu agenda rutin sebagai bagian dari kegiatan Ramadhan di Kampus Darussalam, Banda Aceh.

"Agenda khusus itu dinamakan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Menjelang Berbuka Puasa Bersama di Masjid Jamik Kampus Darussalam," kata Dr Nasrullah RCL MT, Wakil Ketua  Badan  kemakmuran  Masjid Jamik Kampus Darussalam, Banda Aceh, kepada Serambinews.com, Rabu (8/5/2019) pagi.

Pemateri kultumnya, kata Nasrullah, adalah tokoh-tokoh Aceh terkenal yang berganti setiap petang, di antaranya  Rektor dan para Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), pengurus BKM Jamik Darussalam, maupun dosen pilihan dari lingkungan Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

Pada hari pertama berbuka puasa, kultumnya disampaikan oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng. Hari kedua berbuka puasa, kultumnya diisi oleh Wakil I Rektor Unsyiah,  Prof Dr Marwan.

Sore ini sebagai hari ketiga berbuka puasa, kultumnya disampaikan oleh Wakil Rektor II Unsyiah, Dr Ir Agussabti MSc. Besok diisi oleh Wakil Rektor III, Dr Alfiansyah Julianur Bc.

Tokoh-tokoh akademik lainnya yang sudah dijadwalkan untuk mengisi kultum jelang berbuka puasa itu adalah Wakil Rektor IV Unsyiah, Dr Hizir Sofyan, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA (mantan rektor UIN Ar-Raniry), Dr Syafrilsyah MA (Dosen UIN Ar-Raniry),  Dr Ilham Maulana dan Ustaz Faturrahmi (Dosen Unsyiah), dan Prof Dr Mustanir MSc (mantan dekan FMIPA Unsyiah) yang juga Ketua BKM Jamik Kampus Darussalam.

Kultum ini dilaksanakan di taman (ruang terbuka hijau) Masjid Jamik Darussalam. Para peserta duduk lesehan di tikar yang digelar sampai berbuka puasa di tempat itu.

Setiap sore, lanjut Nasrullah, dilaksanakan buka puasa serta sahur bersama untuk 200 orang di Masjid Jamik Kampus Darussalam.

"Apalagi sejak 2 hingga 27 puasa di masjid ini dilaksanakan Daurah Ramadhan Bersama Alquran yang pesertanya mencapai 127 orang dari berbagai PTN dan PTS di Aceh," demikian Nasrullah RCL, mantan wakil dekan III Fakultas Teknik Unsyiah. (*)

Baca: Setelah Barcelona Dihabisi Liverpool, Lionel Messi Malah Ditinggal Bus Tim ke Bandara

Baca: VIDEO - Polisi Tangkap Aidil Ginting, Pelaku Pembunuhan Istri dan Dua Anaknya

Baca: Liverpool Bantai Barcelona, Ini 4 Momen Seru, Dari Messi Kena Pukul Hingga El Barca Kena Tipu

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved