Gangguan Gardu Belawan Berdampak Pada PLTU Nagan, PLN Aceh Terpaksa Lakukan Pemadaman Bergilir

Terjadinya gangguan peralatan pada Gardu Induk Belawan pada Kamis (9/5/2019) sekitar pukul 2.45 dini hari berdampak serius pada kelistrikan Aceh.

Gangguan Gardu Belawan Berdampak Pada PLTU Nagan, PLN Aceh Terpaksa Lakukan Pemadaman Bergilir
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
ILUSTRASI -- Petugas PLN Rayon Kualasimpang sedang memperbaiki jaringan listrik di salah satu tiang di Aceh Tamiang, Sabtu (20/1/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Terjadinya gangguan peralatan pada Gardu Induk Belawan pada Kamis (9/5/2019) sekitar pukul 2.45 dini hari berdampak serius pada kelistrikan Aceh.

Setelah padam panjang akibat Manual Load Shedding (pelepasan beban) pada sistem kelistrikan Sumatera bagian utara, sejak sahur hingga subuh datang, listrik kembali hidup-mati hingga Kamis petang terutama di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Bahkan sampai saat ini, PLTU Nagan Raya Unit 1 dan 2 yang terdampak oleh insiden di Belawan itu belum dapat beroperasi.

Pembangkit listrik itu harus start lagi dan hingga kini belum bisa masuk ke sistem. Sehingga mengharuskan terjadinya pemadaman/penyalaan bergilir pada sub sistem Aceh.

Informasi itu disampaikan Manager Komunikasi PLN UIW Aceh, T Bahrul Halid kepada Serambinews.com, Kamis (9/5/2019) sore.

Baca: Kesal Atas Pemadaman Listrik saat Ramadhan, Masyarakat Geruduk Kantor PLN Calang

Baca: Akibat Ulah PLN, Sebagian Besar Masyarakat Krueng Sabee Berbuka dalam Gelap

Baca: Listrik di Sebagian Aceh Hidup-Mati Sejak Sahur, Begini Penjelasan GM PLN Aceh

"Dengan terpaksa kami melakukan penyalaan bergilir di daerah Lhokseumawe, Bireuen, Pidie, Pidie Jaya, Takengon, Bener Meriah, Banda Aceh, Meulaboh, Nagan Raya, Blangpidie, dan sekitarnya," kata Bahrul.

Menurutnya, saat ini petugas masih berusaha melakukan perbaikan dan pengaturan beban kembali. "Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya melalui pesan singkat.

Sebelumnya General Manager (GM) PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi mengungkapkan bahwa padamnya listrik di sebagian Aceh
akibat pembangkit-pembangkit yang ada di Medan dan Aceh keluar sistem pada saat yang bersamaan.

Gangguan tersebut disebabkan oleh adanya peralatan di gardu induk Belawan yang rusak. Hal itu lalu menyebabkan beberapa pembangkit keluar sistem sehingga sebagian Medan dan Aceh terjadi pemadaman. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved