Hassan Rouhani: Meski Dibom Amerika Serikat, Iran Tak Akan Menyerah

Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan kemerdekaan dan kedaulatan negaranya tidak akan hancur meski mendapat serangan dari musuh.

Hassan Rouhani: Meski Dibom Amerika Serikat, Iran Tak Akan Menyerah
AFP /IRANIAN PRESIDENCY/HO/NICHOLAS KAMM
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Presiden Iran Hassan Rouhani 

SERAMBINEWS.COM, TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan kemerdekaan dan kedaulatan negaranya tidak akan hancur meski mendapat serangan dari musuh.

Pernyataan itu disampaikan Rouhani di tengah ketegangan antara Iran dengan Amerika Serikat. Rouhani berujar Iran kini menghadapi ancaman serangan yang lebih rumit dari sebelumnya.

Di hari sebelumnya, pejabat militer Iran menuturkan bahwa ketegangan dua negara merupakan "konflik kepentingan".

Pejabat itu memperingatkan "petualangan" AS bakal dihadang oleh mereka.

Dilansir Russian Today dalam peringatan Perang Iran-Irak 1980-1988 Kamis (23/5/2019), Rouhani berujar tekanan AS melingkupi "serangan terhadap kesejahteraan dan taraf hidup rakyat Iran".

Dikutip Al Jazeera, Dia merujuk kepada sanksi yang dijatuhkan Washington setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 3015 pada Mei 2018 lalu.

"Lebih dari satu tahun setelah penerapan sejumlah sanksi, rakyat kita sama sekali tidak tunduk kepada tekanan meski harus diakui kehidupan mereka saat ini cukup sulit," katanya.

Dia menuturkan Iran bakal tetap melawan meski nantinya Gedung Putih mengerahkan pasukan dan melancarkan bombardir baik dari darat, laut, dan udara.

"Jika anak-anak kita menjadi martir, terluka, atau tertangkap, dan meski tanah ini dibom, kami tak akan menyerahkan harga diri dan kedaulatan kami," tegas Rouhani.

Dia juga mengatakan kultur "pengorbana diri" harus terus diamalkan Iran, dan mengklaim mereka bisa mengalahkan AS maupun sekutunya di Timur Tengah, Israel.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved