Rumpun Bambu di Lampineung, Baitussalam Terbakar, Ini Imbauan Kalak BPBD Aceh Besar

Kebakaran rumpun bambu kembali terjadi di Aceh Besar, Kamis (23/5/2019) sore. Kali ini, peristiwa tersebut terjadi di Gampong Lampineung, Kecamatan..

Rumpun Bambu di Lampineung, Baitussalam Terbakar, Ini Imbauan Kalak BPBD Aceh Besar
For Serambinews.com
Kebakaran rumpun bambu kembali terjadi di Aceh Besar, Kamis (23/5/2019) petang. Kali ini, terjadi di Gampong Lampineung, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar. 

Rumpun Bambu di Lampineung, Baitussalam Terbakar, Ini Imbauan Kalak BPBD Aceh Besar

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO – Kebakaran rumpun bambu kembali terjadi di Aceh Besar, Kamis (23/5/2019) sore. Kali ini, peristiwa tersebut terjadi di Gampong Lampineung, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP kepada Serambinews.com mengatakan kebakaran hutan dan lahan serta rumpun bambu dan lahan rumbia milik warga selama bulan puasa ini sudah kerap terjadi di Aceh Besar.

Hal tersebut ungkapnya, ada dugaan ada warga yang membakar sampah, tapi tidak memadamkan api dengan sempurna.

“Kejadian kebakaran rumpun bambu di Gampong Lampineung, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar yang diterima oleh petugas di pos induk pemadam BPBD Aceh Besar, di Sibreh Keumudee itu kebakaran terjadi sekitar pukul 15.40 WIB. Kita khawatirkan api akan membesar seiring kondisi cuaca yang panas dan terpaan angin kencang, sehingga petugas bergerak cepat ke lokasi,” kata Farhan.

Pada saat petugas tiba di lokasi, api sudah berhasil oleh masyarakat secara manual dan bersama-sama di sekitar lokasi. Meski demikian, lanjut Farhan petugas tetap melakukan penyiraman dan mengantisipasi api tidak menjalar.

Baca: Daftar Pengacara Prabowo yang Gugat Hasil Pilpres 2019, Denny Indrayana hingga Bambang Widjojanto

Baca: Kodam IM Peringati Nuzulul Quran, Pangdam IM Serukan Hal Ini

Baca: Hari Ini, THR untuk 38.140 Pensiun Mulai Dapat Diambil, Ini Jumlah yang Dibayarkan

“Satu unit armada pemadam BPBD Aceh Besar dari pos Khaju dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. Api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB,” sebutnya.

Ia berharap dalam kondisi panas yang telah berlangsung selama ini, masyarakat diminta untuk tidak membakar sampah sembarangan. Kalau pun membakar sampah, hendaknya saat meninggalkannya, dapat dipadamkan dengan sempurna.

“Karena, sedikit saja ada bara api yang tersisa tidak tertutup kemungkinan api itu akan menjalar di sekitarnya. Karena itu, kami minta perhatian seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaganya,” imbau Farhan.

Pada upaya pemadaman itu, lanjut Farhan, petugas juga ikut dibantu personel Koramil dan Polsek setempat serta masyarakat di sekitar lokasi.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved