Idul Fitri 1440 H

Idul Fitri 1440 H dan Jejak Rekam Adat Aceh

Khusus tentang Idul Fitri, pria yang akrab disapa Cek Midi ini memaparkan sejumlah jejak rekam yang istimewa dari peradaban masa lalu tersebut.

Idul Fitri 1440 H dan Jejak Rekam Adat Aceh
SERAMBIFM/ACHYAR
Kolektor Naskah Kuno Aceh, Tarmizi A Hamid, bersama penyiar Serambi FM Tieya Andalusia, pada acara dialog Interaktif Spiritual Ramadhan, di Studio Serambi FM 90,2 Mhz, di Gedung Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang Pagar Air, Aceh Besar, Senin (3/6/2019) pagi. 

Idul Fitri 1440 H dan Jejak Rekam Adat Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idul Fitri 2019 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Penetapan itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi Pers hasil Sidang Isbat, di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (3/06/2019) malam.

Terkait Hari Raya Idul Fitri ini, kolektor naskah kuno Aceh, Tarmizi A Hamid, menyampaikan sejumlah tradisi rakyat Aceh dalam menyambut dan menjalani hari-hari selama bulan Syawal.

“Aceh punya catatan dan tradisi turun temurun yang dilaksanakan pada setiap bulan dalam tahun Hijriah,” ujar Tarmizi A Hamid saat menjadi narasumber pada dialog Interaktif Spiritual Ramadhan yang disiarkan langsung Radio Serambi FM 90,2 Mhz, Senin (3/6/2019) pagi.

Dialog interaktif ini berlangsung setiap hari selama bulan Ramadhan 1440 H, dilaksanakan oleh Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) bekerja sama dengan Radio Serambi FM 90,2 Mhz.

Tarmizi A Hamid yang juga dikenal sebagai pemerhati budaya Aceh mengatakan, tradisi, adat, dan budaya Aceh yang sangat kental dengan Islam ini membuat Aceh dinobatkan dengan berbagai julukan khusus, seperti Serambi Mekkah, daerah modal (penyokong utama Kemerdekaan Indonesia), daerah istimewa, hingga daerah otonomi khusus yang merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberlakukan syariat Islam.

“Pakar sejarah dan kebudayaan tidak memuungkiri akan hal-hal yang unik di Aceh, serta pernak pernik adat dan budaya Aceh. Karena memang negeri ini negeri yang memiliki peradaban Islam tertinggi di Asia Tenggara,” ujarnya.

Baca: Hilal Tak Terlihat di Aceh, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Rabu 5 Juni 2019

Baca: Imam di Masjidil Haram sudah Khatam Alquran, Kemungkinan Besok Idul Fitri di Arab Saudi

Khusus tentang Idul Fitri, pria yang akrab disapa Cek Midi ini memaparkan sejumlah jejak rekam yang istimewa dari peradaban masa lalu tersebut.

Di antaranya adalah;

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved