Ketua Kadin: Pembangunan Aceh Selatan Harus Sesuai Potensi Wilayah

Selama ini, pembangunan di Aceh Selatan dinilai belum terarah dan terukur. Akibatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan jalan di tempat.

Ketua Kadin: Pembangunan Aceh Selatan Harus Sesuai Potensi Wilayah
For Serambinews.com
Khaidir Amin, Plt Ketua Kadin Aceh Selatan 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Selama ini, pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan dinilai belum terarah dan terukur, akibatnya pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Aceh Selatan terkesan jalan di tempat.

Karenanya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh Selatan, Khadir Amin SE menyarankan agar ke depan, pembangunan yang dilaksanakan harus sesuai dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki masing-masing wilayah.

"Potensi dan sumber daya alam Aceh Selatan ini sangat luar biasa. Ditambah lagi Aceh Selatan ini kaya akan budaya. Namun sejauh ini, potensi itu tidak benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik," ungkap Khaidir Amin kepada Serambinews.com, Sabtu (15/6/2019).

Karenanya, ia menyarankan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yang baru untuk membuat perencanaan yang matang terkait arah pembangunan ke depan.

Tujuannya, agar pembangunan yang dilaksanakan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah.

"Misalnya, wilayah Trumon Raya dan Bakongan Raya potensinya di sektor perkebunan, peternakan dan kelauatan, maka pembangunan harus difokuskan menunjang sektor dimaksud," kata Khaidir Amin.

Menurutnya, tanpa adanya pembagian zona sesuai potensi wilayah, akan mustahil program yang dijalankan bisa tepat sasaran.

“Karena kebutuhan antara wilayah yang satu dengan lainnya berbeda," papar Khaidir Amin. 

"Contohnya di Abdya, masyarakat Kuala Batee dan Babahrot saat ini jauh lebih sejahtera dibandikan dulu. Kenapa? Karena program yang dijalankan Bupatinya sesuai dengan potensi yang ada di Kuala Batee," tambahnya.(*)

Baca: Festival Mi Aceh Mulai Digelar Malam Ini di Blangpadang, Ada 100 Porsi Gratis

Baca: Dari Sel Palsu hingga Pelesir ke Padalarang, Ini Deretan Ulah Setya Novanto Selama di Sukamiskin

Baca: Terkena Jeratan Warga, Kaki Beruang Madu Ini Terpaksa Diamputasi

Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved