Makmur Budiman Pimpin Kadin Aceh

H Makmur Budiman SE akan memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh Periode 2019-2024

Makmur Budiman Pimpin Kadin Aceh
For serambinews.com
Makmur Budiman 

BANDA ACEH - H Makmur Budiman SE akan memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh Periode 2019-2024. Kepastian itu diperoleh setelah Direktur Utama PT Makmur Inti Sawita ini ditetapkan secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Muprov) VI organisasi tersebut di Hotel Kyriad, Banda Aceh, kemarin.

Untuk diketahui, hingga pendaftaran ditutup pada Sabtu (15/6), hanya Makmur Budiman yang mengembalikan berkas persyaratan ke panitia. Dengan demikian, ia menjadi calon tunggal dalam musyawarah yang dibuka Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT.

Pengusaha kelahiran Montasik (Aceh Besar), 28 Februari 1962, itu ditetapkan secara aklamasi dalam sidang yang dipimpin Muntasir Hamid bersama empat anggota yaitu Iskandar Ali, Nora Idah Nita, Muhammad Mada, dan Taufik.

Muprov VI Kadin Aceh turut dihadiri Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, bersama Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kesehatan, James Riady, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah, Anindya N Bakrie, Wakil Ketua Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto, serta Wakil Ketua Bidang Energi dan Migas, Bobby Gafur Umar. Hadir pula Ketua Kadin dari beberapa provinsi lain seperti Lampung dan Sumatera Utara.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, dalam arahannya mengapresiasi pemilihan Ketua Kadin Aceh periode 2019-2024. Dengan semangat anggota Kadin Aceh, ia optimis ekonomi Aceh ke depan akan bangkit dan menjadi lebih baik. Karena itu, menurutnya, Kadin Aceh sebagai mitra pemerintah harus terus melakukan terobosan-terobosan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kepada Pak Makmur Budiman yang sudah terpilih hari ini (kemarin-red), kami ucapkan selamat. Saya optimis dan menaruh harapan besar terhadap Ketua Kadin Aceh yang baru ini. Dari namanya saja Makmur Budiman, Insya Allah makmur dan budiman yang bermakna berbudi dan beriman. Dengan terpilihnya beliau, kita harapkan ekonomi Aceh ke depan akan bangkit dan makin baik,” kata Rosan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Caretaker, T Zulham dan jajarannya yang sudah melaksanakan Muprov ini dengan cukup baik. “Saya optimis, apalagi melihat dukungan Plt Gubernur Aceh terhadap Kadin Aceh ini sangat-sangat luar biasa. Beliau khusus datang ke Jakarta menemui saya untuk membicarakan bagaimana Kadin Aceh bisa terus bersinergi dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sementara Makmur Budiman menaruh harapan besar kepada Ketua Kadin Pusat dan jajarannya agar bisa membantu Kadin Aceh. “Kami ingin menyampaikan potensi dan hambatan di Aceh selama ini. Pertama, kita memiliki potensi berbagai komoditi seperti CPO, kopi, karet, dan pinang. Tapi, di sisi lain kita masih mengalami banyak hambatan seperti tidak berfungsinya pelabuhan, sehingga semua komoditi harus diekspor melalui Sumatera Utara. Karena itu, kami berharap Kadin pusat dapat membantu agar pelabuhan-pelabuhan di Aceh berdenyut kembali,” ungkap Makmur yang juga Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banda Aceh Periode 2019-2022.

Makmur juga menyampaikan, selama ini Aceh mengalami defisit perdagangan yang luar biasa. Ia mencontohkan, sudah hampir 50 tahun Aceh harus mendatangkan telur ayam dari Medan dan hingga sekarang daerah ini belum bisa mandiri. Padahal, sebut Makmur, untuk hal tersebut hampir Rp 1 triliun uang dari Aceh setiap tahun dibawa ke Sumatera Utara.

“Karena itu, kami minta Kadin Pusat memikirkan bagaimana agar semua hambatan tersebut bisa teratasi. Mengingat Aceh juga punya potensi perikanan, kami minta Kadin Pusat membantu agar ada investor yang mau berinvestasi di Aceh pada bidang tersebut. Di samping itu, banyak harapan dan dukungan lain yang selalu kami harapkan dari Kadin Pusat, agar ekenomi Aceh bisa terus bangkit dan semakin baik,” pungkas Makmur Budiman.

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, saat membuka Muprov VI Kadin Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Selasa (18/6) malam, mengaku optimis dengan Kadin Aceh saat ini, apalagi setelah terpilih ketua umum yang baru. “Insya Allah, malam ini sudah mulai terlihat kembali tanda-tanda kehidupan dan geliat Kadin Aceh yang sekarang,” pungkas Nova.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved