Kebakaran Kebun yang Diduga Sengaja Dibakar Kembali Terjadi di Pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh

kebakaran kebun kosong yang diduga sengaja dibakar itu diperkirakan mencapai 2 hektare

Kebakaran Kebun yang Diduga Sengaja Dibakar Kembali Terjadi di Pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh
FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar dan personel TNI memadamkan api yang membakar kebun di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Jantang, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Minggu (7/7/2019) 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Kebakaran hutan kembali melanda Aceh Besar, tepatnya di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Jantung, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Minggu (7/7/2019) sekitar pukul 17.00 WIB sore tadi.

Kebakaran lahan kosong yang sempat menggangu jarak pandang para pengguna jalan yang datang dari kedua arah tersebut, diduga sengaja dibakar untuk tujuan membersihkan kebun.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar Farhan AP kepada Serambinews.com.

Baca: Lahan di Tepi Jalan Banda Aceh-Meulaboh Terbakar, Petugas Alami Kendala Pemadaman

Menurutnya, cara cepat membersihkan kebun dengan cara dibakar, pelaku telah mengabaikan hak-hak publik, seperti pengguna jalan yang terganggu pandangannya serta tanpa mempertimbangkan keselamatan orang.

"Kepulan asap dari pembakaran kebun tersebut telah menggangu jarak pandang pengguna jalan, baik pengendara sepeda motor maupun mobil. Di samping posisi kebun yang sengaja dibakar itu tidak terpaut jauh dari rumah-rumah warga," kata Farhan.

Ia pun mengatakan, terkait kebakaran kebun milik warga di Gampong Jantang, Kecamatan Lhoong tersebut dalam penyelidikan pihak kepolisian.

"Membakar lahan secara sengaja tanpa mempertimbangkan kondisi kemarau yang sedang dihadapi Aceh saat ini, berarti pembakar kebun itu mengabaikan keselamatan dan tanpa memperdulikan bahaya yang akan ditimbulkan baik bagi warga maupun pengguna jalan," pungkas Farhan.

Baca: Rusa di Taman Puspemkab Aceh Timur Jadi Tontonan Warga

Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal menambahkan kebakaran kebun kosong yang diduga sengaja dibakar itu diperkirakan mencapai 2 hektare.

Pemadaman dapat dilakukan sekitar 17.30 WIB, setelah armada pemadam BPBD Aceh Besar di pos Lhoong dikerahkan ke lokasi.

Bersama petugas, pemadaman juga ikut dibantu TNI dan Polri dari polsek setempat serta masyarakat di sekitar lokasi.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved