Blanko KTP Elektronik Kosong, Ini Yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Utara

Blanko Elektronik Kartu Tanda Penduduk ( KTP El) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Utara kembali kosong. Kekosongan blanko KTP...

Blanko KTP Elektronik Kosong, Ini Yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Utara
Blanko KTP 

Blanko KTP Elektronik Kosong, Ini Yang Dilakukan DIsdukcapil Warga

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Blanko Elektronik Kartu Tanda Penduduk ( KTP El) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Utara  kembali kosong. Kekosongan blanko KTP pada akhir Juni atau sudah tiga pekan lebih hingga Rabu (17/7/2019). Sedangkan di Kota Lhokseumawe sudah sebulan lalu.

Kondisi ini terjadi karena stok blanko KTP di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kosong. 

Ini kejadian kedua kalinya terjadi di Aceh Utara dalam tahun ini. Sebelumnya kekosongan terjadi pada Februari 2019, tapi saat itu berhasil diatasi setelah sepekan kemudian.

“Kita tidak berwenang melakukan pengadaan blanko KTP El, karena itu kewenangan di Pemerintah Pusat,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Aceh Utara Muhammad Zulfadhli menjawab Serambinews.com, Rabu (17/7/2019).

Disebutkan, kekosongan blanko KTP Elawalnya terjadi pada awal Juni. Lalu untuk mengantisipasi hal tersebut, dirinya langsung berangkat ke Jakarta untuk melaporkan persoalan tersebut ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekaligus untuk melaporkan perbaikan server.

Baca: Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan, Ratusan Dokter Bahas Seputar Bedah Plastik

Baca: Mata Ie Kembali Kehabisan Air Baku, PDAM Tirta Mountala Matikan Semua Pompa Agar Tidak Hangus

Baca: Capai Persentase Lulus Tertinggi Dalam Uji Kompetensi, Unaya Ambil Sumpah dan Lantik 38 Dokter Muda

Atas laporan tersebut, pihak dirjen memberikan 500 lembar blanko.

“Namun, 500 lembar blanko tersebut hanya bertahan sampai sepekan saja, sehingga dari akhir Juni sampai sekarang stoknya masih kosong,” katanya.

Namun, untuk perekaman KTP baru dan perbaikan masih tetap dilayani dengan baik. Disdukcapil mengantisipasinya dengan mengeluarkan surat keterangan yang berfungsi sama dengan KTP El.

“Jadi surat keterangan tersebut fungsinya sama dan dikeluarkan dari aplikasi KTP yang juga dilengkapi dengan foto. Jadi bisa digunakan untuk mengurus segala keperluan administrasi, karena tidak mengurangi fungsinya. Hanya bentuk fisiknya, selebaran kertas,” ujar Plt Kepala Disdukcapil Aceh Utara,  Muhammad Zulfadhli.(*)

 
 

Penulis: Jafaruddin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved