Umuslim Latih Pengolahan Pupuk Bagi Guru dan Santri Dayah Sirajul Huda Pijay

Kegiatan ini dilakukan dalam program implementasi hibah dari Kemenristekdikti melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2019.

Umuslim Latih Pengolahan Pupuk Bagi Guru  dan Santri Dayah Sirajul Huda Pijay
For serambinews.com
Santri Dayah Sirajul Huda Al-Aziziyyah Meureudu, Pidie Jaya, mempraktikkan pembuatan pupuk kompos dari limpah pertanian dan peternakan di Gampong Blang Awe, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Selasa (23/7/2019). 

Umuslim Latih Pengolahan Pupuk Bagi Guru

dan Santri Dayah Sirajul Huda Pijay 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Tim dosen Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, melatih pengolahan pupuk organik bagi ratusan guru dan santri Dayah Sirajul Huda Al-Aziziyyah, Meureudu, Pidie Jaya (Pijay) di Gampong Blang Awe, Kecamatan Meureudu, 22-23 Juli 2019. 

Kegiatan ini dilakukan dalam program implementasi hibah dari Kemenristekdikti melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2019.

Baca: SMPN 2 Meureudu Wakili Pidie Jaya Ke Gala Siswa Indonesia Tingkat Provinsi Aceh

Baca: Wakili Aceh, KUA Blangkejeren Masuk 10 Besar Teladan Nasional

"Dalam dua hari pelatihan, para guru dan santri sudah mampu menguasai cara pengelolaan limbah pertanian dan peternakan menjadi pupuk organik atau kompos, sehingga bisa digunakan dalam pengelolaan manajemen pertanian," kata Ketua Tim Pengabdian Umuslim, Dr Halus Satriwan SP MSi, kepada Serambinews.com, Selasa (23/7/2019).

Baca: Mobil Sedan Vios Terbakar Saat Sedang Jalan di Lhokseumawe, Begini Kejadiannya

Dr Halus mengatakan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan praktis dan teknis tentang pengolahan mulai persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman yaitu pengendalian gulma dan pemupukan sesuai kebutuhan tanaman, sehingga guru dan santri diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan lahan dayah.  (*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved