TPA Blang Bintang Terus Berbenah, Bau tak Sedap tidak Tercium Lagi

Lokasi pembuangan sampah terbesar ini sudah lebih baik. Tidak ada lagi tumpukan sampah di pinggiran badan jalan menuju kolam sampah

TPA Blang Bintang Terus Berbenah, Bau tak Sedap tidak Tercium Lagi
Serambi/Herianto
Plt Kadis Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, Ir Jalaluddin MT memberikan pengarahan kepada Kepala UPTD Balai Penanganan Sampah Regeonal TPA Blang Bintang, Ir Mardiana di lokasi TPA Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (30/7). 

BANDA ACEH - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar, terus berbenah. Lokasi pembuangan sampah terbesar ini sudah lebih baik. Tidak ada lagi tumpukan sampah di pinggiran badan jalan menuju kolam sampah, begitu juga dengan bau tak sedap yang kini tak tercium lagi. UPTD Balai Penanganan Sampah Regional TPA Blang Bintang menyebut perubahan yang signifikan itu berkat bantuan Pemko Banda Aceh

Amatan Serambi, Rabu (31/9), TPA saat ini sangat berbeda dengan kondisi enam bulan lalu. Semua sampah yang berserakan di pinggir bendungan kolam sampah, sudah bersih. Sampah tersebut sudah dimasukkan ke dalam kolam, kemudian ditimbun dengan tanah. Di atas timbunan tanah dipasang pipa dua inci untuk mengalirkan biogas.

Kepala UPTD Balai Penanganan Sampah Regional TPA Blang Bintang, Ir Mardiana saat dikunjungi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota Banda Aceh, Ir Jalaluddin MT, Rabu (30/9) mengatakan, Pemko Banda Aceh membantu penanganan tumpukan sampah dengan mendatangkan alat berat dan truk sampah. “Tanpa bantuan Pemko, mungkin sampai kini sampah itu masih berada di atas badan jalan menuju kolam sampah,” ujar dia. Pihaknya juga siap menerima Tim Penilai Penghargaan Adipura dari Jakarta untuk meninjau TPA Blang Bintang.

Untuk diketahui, kondisi TPA Blang Bintang yang sebelumnya semrawut telah memberikan dampak negatif kepada Pemko Banda Aceh. Banda Aceh pada tahun 2018, gagal meraih Penghargaan Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nilai Kota Banda Aceh untuk mendapat Penghargaan Adipura turun 40 poin dari 100 poin yang harus dicapai.

Sementara Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman yang dimintai tanggapannya optimis Banda Aceh dapat merubut kembali Adipura ke depan. Untuk tingkat provinsi, kata Aminullah Usman, tahun ini Kota banda Aceh sudah menerima penghargaan tersebut. “Sekarang ini Kota Banda Aceh siap menunggu tim penilai penghargaan Adipura dari pusat untuk berkunjung ke TPA Blang Bintang, Aceh Besar,” jelasnya.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved