Info Haji 2019

Kloter Terakhir Take Off Hari Ini, 4.299 Sudah di Tanah Suci

Hari ini, Minggu (4/8) jamaah calon haji (JCH) kloter terakhir atau kloter 12 akan take off dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM)

Kloter Terakhir Take Off Hari Ini, 4.299 Sudah di Tanah Suci
DOK/HUMAS KEMENAG ACEH
Bupati Pidie, Roni Ahmad menyerahkan bendera Merah Putih kepada ketua kloter 12, di Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Sabtu (3/8). 

BANDA ACEH - Hari ini, Minggu (4/8) jamaah calon haji (JCH) kloter terakhir atau kloter 12 akan take off dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, sekitar pukul 10:55 WIB menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Berangkatnya kloter 12 ini menandakan berakhir musim pemberangkatan jamaah haji embarkasi Aceh tahun ini. Kloter 12 ini akan berisi jamaah campuran dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, yang berjumlah 367 orang.

Informasi itu disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Drs HM Daud Pakeh melalui Koordinator Humas dan Penerangan PPIH, Muhammad Nasril Lc. Ia mengatakan, sebanyak 367 jamaah kloter terakhir sudah selesai dilakukan penglepasan pada Sabtu (3/8) sore oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad, di Asrama Haji Banda Aceh.

"Dengan berangkatnya kloter 12 ini sebanyak 367 orang, maka jamaah haji Aceh yang berangkat ke tanah suci tahun ini berjumlah 4.666 orang," ujar Daud Pakeh.

Ia merincikan, jamaah haji kloter 12 ini berasal dari Nagan Raya 127 orang, Aceh Utara 49 jamaah, Aceh Besar 30, Pidie Jaya 20, Pidie 17, Lhokseumawe 15, Aceh Barat 14, Bireuen 10, Sabang 13, Aceh Tengah 12, Aceh Selatan 10, Banda Aceh 12, Langsa 10, Bener Meriah 4, Gayo Lues 5, Aceh Singkil 5, Aceh Tenggara 4, Aceh Jaya 2, Aceh Barat Daya 1. Selain itu ditambah TPHD satu orang serta lima orang petugas kloter.

Kakanwil juga meminta JCH Aceh, baik yang baru berangkat maupun yang sudah lama di tanah suci supaya menjaga kesehatan. Karena sudah mendekati puncak haji. Ia juga juga meminta yang kondisi tidak memungkin agar tidak memaksakan diri untuk berkunjung ke Masjidil Haram.

Di Saudi, jamaah kloter 12 akan menempati penginapan di Maktab 18, wilayah Syisyah sektor 2. Setelah tiba nanti nanti, kloter 12 juga harus langsung mempersiapkan fisik, karena waktu berhaji sudah semakin dekat.

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH, Muhammad Nasril, Lc mengatakan, dari 367 jamaah kloter 12 yang berangkat. Bunah Asan Abdullah asal Kota Langsa menjadi jamaah tertua yang berusia 99 tahun.

Sementara jamaah termuda dalam kloter ini yaitu Muhammad Luthfi Muhammad Zaki asal Banda Aceh yang berusia 27 tahun. Kloter 12 ini juga didominasi oleh jamaah perempuan, yang berjumlah 217 orang dibandingkan jamaah laki-laki 147 jamaah.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved