Info Haji 2019

Seluruh Jamaah Calon Haji Aceh Sudah di Mekkah

Kelompok terbang (kloter) 12 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kloter, sudah tiba di Mekah, Ahad sore Waktu Arab Saudi

Seluruh Jamaah Calon Haji Aceh Sudah di Mekkah
IST
Laporan MOHD DIN, WARTAWAN Serambi Indonesia

MEKKAH – Kelompok terbang (kloter) 12 Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kloter, sudah tiba di Mekah, Ahad sore Waktu Arab Saudi. Sebagian dari jamaah kloter terakhir ini langsung melaksanakan tawaf ihram dan sai, sementara sebagian lainnya melanjutkan tawaf Senin pagi.

Dengan tibanya kloter terakhir ini, maka seluruh jamaah calon haji dari Aceh sudah berkumpul di "Kampung Aceh" maktab Syisyah, Mekah, Senin (5/8). Kloter 12 sebagian besar menginap di Hajer Palace, Maktab 226, bergabung dengan dua kloter sebelumnya.

Kloter 12 Aceh terdiri atas jamaah dari Nagan Raya dan Banda Aceh. Sebagian besar jamaahnya berusia lanjut, sehingga memilih melaksanakan tawaf umrah pada Senin pagi, setelah satu malam beristirahat.

Ketika jamaah kloter 12 tiba, tiba-tiba Hotel Hajer Palace begitu riuh, beda dengan beberapa hari sebelumnya. Hal ini disebabkan penghuni hotel bertambah banyak dan sekaligus sebagian besar jamaah harus mendapat bantuan, lantaran banyak yang berusia lanjut.

Sementara itu, sebanyak 11 kloter jamaah dari Aceh yang tiba duluan dan sudah melaksanakan tawaf umrah dan sai, Senin kemarin banyak mengisi waktu dengan manasik wukuf, mabit, dan melempar jamrah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Semua kegiatan ini dilaksanakan dengan bimbingan dari pembimbing ibadah masing-masing kloter.

Petugas kesehatan mengimbau pada jamaah untuk tetap menjaga jadwal makan, minum yang banyak, tidak terlalu banyak aktivitas di luar, dan tidak begadang malam.

Dari Masjidil Haram dilaporkan, pagi Senin, jumlah jamaah yang berkunjung cukup banyak. Lokasi tawaf dekat Kakbah dan dalam Masjidil Haram penuh sesak. Sebagian besar jamaah calon haji mengambil momen untuk tawaf, karena mulai Rabu siang bus yang melayani rute maktab ke Masjidil Haram dan sebaliknya dihentikan.

Sementara itu, Dokter Taufik Ridwan, Tim Gerak Cepat Kesehatan Haji Indonesia menyampaikan, Senin siang sedang melakukan survei di Mina untuk persiapan wukuf, mabit dan melempar jamrah. Sejauh ini, menurut Taufik, persiapan tempat wukuf cukup baik dan sudah siap semua.

Sementara itu, salah seorang ketua kloter Anwar Fadhli, maktab-maktab yang di Arafah dan Mina, khusus untuk jamaah haji Aceh secara umum sudah siap, seperti karpet, AC dan toilet sudah lengkap. Anwar juga menyampaikan, Jumat, 9 Agustus atau 8 Dzulhijjah, selepas shalat Jumat, jamaah akan berangkat ke Armuzna. "Insya Allah, persiapan sudah final," tegasnya.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved