Info Haji 2019

Sebagian Jamaah Calon Haji Aceh Harus Diinfus, Dua RS di Mekkah Penuh

Informasi dihimpun Serambinews.com dari beberapa posko kesehatan kloter di Maktab Syisyah, Mekkah, sakit paling banyak diderita mimisan.

Sebagian Jamaah Calon Haji Aceh Harus Diinfus, Dua RS di Mekkah Penuh
Serambi
Ribuan JCH 'menyerbu' lapak penjualan sarapan di kawasan Syisyah, Mekkah, Rabu (7/8/2019) pagi. SERAMBINEWS.COM/MOHD DIN 

Sebagian Jamaah Calon Haji Aceh Harus Diinfus, Dua RS di Mekkah Penuh

Laporan Mohd Din | Mekkah 

SERAMBINEWS.COM, MEKKAH - Sebagian jamaah calon haji (JCH) asal Aceh, Rabu (7/8/2019), mulai terkena gangguan kesehatan serius, terutama jamaah lanjut usia (Lansia). 

Informasi dihimpun Serambinews.com dari beberapa posko kesehatan kloter di Maktab Syisyah, Mekkah, sakit paling banyak diderita mimisan, meningkatnya tekanan darah, dan flu, sehingga harus diinfus. 

Umumnya JCH dari Aceh umumnya memang berpotensi terganggu kesehatan akibat perubahan cuaca estrem.

Berdasarkan data kesehatan pasien JCH, sangat banyak jamaah yang terganggu kesehatan. 

Ketua Kloter 7 JCH Aceh, Anwar Fadhli, mengatakan ada beberapa jamaah harus diinfus, meski untuk sebagian jamaah, tindakan ini dilakukan untuk mencegah agar tidak semakin memburuk kesehatan.

Baca: Gadis 8 Tahun Derita Kanker Ginjal dan Meninggal karena Sering Makan Manis & Minum Bubble Tea

Baca: Sapi Kurban Milik Jokowi Ini Bernama Mike Tyson, Dibelikan Karpet Rp 2 Juta Agar Bisa Tidur Nyenyak

Baca: Di Australia Padam Listrik Setengah Hari, Ganti Rugi Sebulan, Bagaimana di Indonesia?

"Bagi yang sudah berumur, terus kita infus supaya lebih mudah dimasukan obat," jelasnya mengutip keterangan tenaga medis.

Anwar juga menjelaskan, pihaknya sudah mendapat pengarahan dari Menteri Agama dan Dubes RI untuk Arab Saudi agar memaksimalkan pemantauan dan pelayanan kesehatan, sehingga jamaah dapat ke Armuzna dengan baik.

Dia menjelaskan juga, sudah ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit. Namun, dua rumah sakit besar di Mekkah, Rumah Sakit Nasional dan King Abdul Aziz penuh sesak dengan pasien dari banyak negara.

Oleh sebab itu, pihak petugas kesehatan haji Indonesia memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan kesehatan di tingkat posko kesehatan dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia. (*)

Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved