Berita Bireuen

India Komit Kerjasama dengan Umuslim, Tawarkan Pendidikan dan Pelatihan Gratis

Adapun program kerjasama yang disampaikan Dubes di antaranya program pendidikan dan pelatihan gratis bagi akademisi, pegawai negeri.

India Komit Kerjasama dengan Umuslim, Tawarkan Pendidikan dan Pelatihan Gratis
SERAMBINEWS.COM/ YUSMANDIN IDRIS
Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste, Padeep Kumar Rawat sedang mencicipi giri matang dalam pertemuan singkat di Umuslim,Peusangan Bireuen bersama civitas akademika Umuslim. 

Adapun program kerjasama yang disampaikan Dubes  di antaranya program pendidikan dan pelatihan gratis bagi akademisi, pegawai negeri.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Pemerintah India menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kerjasama bidang pendidikan dengan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat, dalam pertemuan singkat dengan rektor dan civitas akademika Umuslim,  di ruang pertemuan Ampon  Chiek Peusangan, Matangglumpangdua, Rabu (07/08/2019) sore.

Dalam pertemuan singkat itu, Pradeep Kumar Rawat yang berbicara dalam bahasa Inggris, kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjelaskan, intinya ada beberapa  universitas swasta di India sedang menjajaki untuk melakukan kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia. 

Baca: Dilapor Masyarakat, Inspektorat Pidie Audit Lima Gampong, 3 Sudah Ada Hasilnya

"Mereka (universitas di India) yang melakukan pendekatan dengan Dubes India untuk Indonesia, agar dapat menghubungkan dengan universitas-universitas di Indonesia, seperti Universitas Almuslim ini," ungkap Dubes India yang didampingi Konsulat Jendral India di Medan.

Adapun program kerjasama yang disampaikan Dubes  di antaranya program pendidikan dan pelatihan gratis bagi akademisi, pegawai negeri.

Disarankan kepada Pemkab Bireuen untuk memanfaatkan program tersebut.

Selain itu,  Pradeep Kumar menyapaikan bahwa, biaya pendidikan dan biaya kebutuhan hidup di India sangat murah.

"Demikian juga masalah makanannya, antara Aceh dan India banyak kesamaan," bebernya.

Ia juga memastikan, program pertukaran mahasiswa antara Umuslim dengan universitas di India akan segera dilaksanakan. 

Baca: PSCS Cilacap vs Persiraja, Menghapus Tren Negatif

Pada kesempatan itu, Pradeep Kumar kawat menyampaikan penghargaan kepada Umuslim, yang telah
menyambut kehadirannya di Kabupaten Bireuen.

Meskipun menempuh perjalanan darat dari Banda Aceh terasa melelahkan, namun rasa lelah itu terbayar dengan menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan.

Menurutnya, kehadirannya di Umuslim, untuk memenuhi janjinya dengan Rektor Umuslim Dr H Amiruddin Idris SE MSi beberapa waktu lalu.

"Saya pernah menjanjikan untuk mengunjungi Umuslim saya penuhi janjinya walaupun hanya sebentar," imbuhnya.

Sebelumnya, Rektor Umuslim, Dr H Amiruddin Idris SE MSi dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste dan Konjen India di Medan yang telah mengunjungi Umuslim.

Di mana Umuslim merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang dikunjungi dalam lawatan ini.

Rektor menambahkan, Umuslim akan terus menjalin komunikasi dan akan melakukan kerjasama lebih erat, termasuk akan menandatangani MoU dengan sejumlah universitas dan pemerintah, menyangkut kelanjutan program yang disampaikan dubes. (*)

Baca: Minta Jokowi dan Kapolri Tito Karnavian Kawal Kasus Hotman Paris, Farhat Abbas: Beri Hukuman Berat

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved