Breaking News:

Perolehan Kursi belum Ditetapkan, KIP Aceh Tengah Tunggu Putusan MK

Penetapan KIP Aceh Tengah tentang perolehan kursi hasil Pemilu 2019 untuk DPRK Aceh Aceh Tengah dijadwalkan antara 13 dan 14 Agustus 2019....

SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Komisioner KIP Aceh Tengah, Sertalia SPd (kiri) saat menunggu sidang putusan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (8/8/2019). 

Perolehan Kursi belum Ditetapkan, KIP Aceh Tengah Tunggu Putusan MK

Laporan Fikar W Eda  | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Penetapan KIP Aceh Tengah tentang perolehan kursi hasil Pemilu 2019 untuk DPRK Aceh Aceh Tengah dijadwalkan antara 13 dan 14 Agustus 2019. 

"KIP Aceh Tengah saat ini sedang menunggu putusan Mahkamah Konstitusi. Segera setelah putusan diperoleh, KIP Aceh Tengah langsung menjadwalkan pleno penetapan perolehan kursi DPRK," kata komisioner KIP Aceh Tengah Sertalia, SPd, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (8/8/2019)

Anggota DPRK Aceh Tengah periode 2014-2018 akan berakhir pada 24 Agustus 2019. Selanjutnya dijadwalkan, pelantikan anggota DPRK yang baru pada 26 Agustus mendatang.

Mahkamah Konstitusi atau MK mejadwalkan pembacaan perkara PHPU dari Provinsi Aceh, Kamis (8/8/2019) pukul 13.00 WIB. Namun majelis hakim MK sampai pukul  14:30 WIB belum menggelar sidang putusan PHPU Aceh.

Mahkamah Konstitusi  menerima13 laporan sengketa PHPU pada Pemilu 2019 dari Aceh, meliputi  PHPU pemilihan calon anggota DPRA di dapil 4 yang diajukan Partai Aceh, PHPU DPRK Nagan Raya dapil 1oleh caleg Partai SIRA, PHPU DPRK Bireuen dapil 2 dan DPRK Pidie Jaya dapil 3 yang diajukan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selanjutnya, PHPU DPRA dapil 2 dan DPRK Pidie dapil 3 yang dimohon oleh Partai Aceh, dan PHPU DPRK Aceh Singkil dapil 1 yang diajukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian, PHPU DPRA dapil 6 yang diajukan Partai Nanggroe Aceh (PNA), PHPU DPR RI dapil 1 dan 2, serta DPRA dapil 3, 4, dan DPRK Bireuen dapil 2 yang diajukan Partai NasDem.

Beraksi di Aceh Besar, Tertangkap di Aceh Tamiang, Inilah Kejahatan yang Melibatkan MI

Sidang Putusan Perkara Perselisihan Hasil Pemilu dari Aceh Ditunda Tiga Jam oleh MK

Muhsin Ditetapkan Sebagai Ketua Pengcab Wushu Aceh Besar

Sampah Menumpuk di Belakang Pasar Ikan Beureunuen Pidie

Setelah itu, PHPU di DPRK Aceh Besar dapil 5 dan DPRK Sabang dapil 1 yang diajukan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PHPU DPRK Banda Aceh dapil 3 dari Partai Golkar, PHPU DPRA yang diajukan Partai Berkarya (menunggu konfirmasi), serta PHPU DPRA dapil 6, 4, 10, DPRK Singkil dapil 3, dan DPRK Aceh Timur dapil 3, 4 yang diajukan Partai Demokrat.

Lalu, PHPU DPRA dapil 6, DPRK Aceh Timur dapil 2 yang diajukan Partai Daerah Aceh (PDA), dan terakhir PHPU DPR RI dapil 1 dan 2 yang diajukan Partai Berkarya.

Tapi dalam putusan sela, MK menyatakan dismissal terhadap PHPU yang diajukan Partai Aceh untuk DPRA dapil 4. Dengan demikian maka MK akan membacakan putusan untuk 12 PHPU lainnya.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved