Berita Banda Aceh

Tim FKH Unsyiah Periksa Hewan Kurban di Aceh Besar dan Banda Aceh

kegiatan seperti ini dinilai belum memadai jika dibandingkan dengan luas dan banyaknya gampong di Banda Aceh dan Aceh Besar

Tim FKH Unsyiah Periksa Hewan Kurban di Aceh Besar dan Banda Aceh
Wahdah Islamiyah
Ilustrasi: hewan kurban 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sejumlah Dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unsyiah melakukan kegiatan Monitoring dan Pemeriksaan Hewan kurban 1440 Hijriah.

Kegiatan itu merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat.

Dekan FKH Unsyiah Dr drh Muhammad Hambal mengatakan, kegiatan pemantauan dan pemeriksaan itu sudah dilakukan oleh mahasiswa dan dosen FKH setiap tahun.

Baca: Pipa PDAM Tirta Daroy Pecah, Suplai Air Ke 7 Ribu Pelanggan, Ini Kawasan Kena Dampak 

Katanya, kegiatan itu dimobilisasi oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa, yaitu UKM Himpharsia (Himpunan mahasiswa Pecinta hewan besar dan ruminansia).

Kegiatan pemeriksaan kurban tersebut dimulai sehari sebelum lebaran atau disebut dengan pemeriksaan Ante Mortem (AM), dan pada saat pemotongan (pemeriksaan Post Mortem).

Kata Muhammad Hambal, lokasi kegiatan tersebar dibeberapa  gampong di Aceh besar dan Banda Aceh.

Pemeriksaan hewan dan daging kurban dinilai penting dalam upaya mewujudkan daging kurban yang Aman Sehat Utuh dan halal (ASUH) yang dibagikan ke masyarakat.

Baca: Bengkel Mobil di Lamsayun dan Rumah Warga di Ladong Aceh Besar Terbakar

Sementara FKH DR drh Razali, M.Si mengatakan, kegiatan seperti ini dinilai belum memadai jika dibandingkan dengan luas dan banyaknya gampong di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Namun dengan jumlah dosen pedamping dan mahasiswa yang terbatas, diharapkan mampu memberikan edukasi dan pengawasan kepada penyelenggara kurban di setiap Gampong agar lebih memahami dalam penyembelihan yang Syar’I dan ASUH. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved