Opini

Transformasi Aceh 2020  

Wacana transformasi pernah menjadi materi utama dalam ASEAN 100 Leadership Forum. Indonesia yang ketika itu diwakili oleh mantan presiden SBY

Transformasi Aceh 2020   
IST
Hanif Sofyan Aceh Environmental Justice, tinggal di Tanjung Selamat, Aceh Besar

Hanif Sofyan

Aceh Environmental Justice, tinggal

di Tanjung Selamat, Aceh Besar

Wacana transformasi pernah menjadi materi utama dalam ASEAN 100 Leadership Forum. Indonesia yang ketika itu diwakili oleh mantan presiden SBY mengemukakan; 'transformasi adalah perubahan, kemampuan untuk mendefinisi ulang diri sendiri, membangun paradigma baru untuk menyusun ulang prioritas, mengembangkan keahlian baru, dan menegaskan kembali relevansi kita di dunia yang terus berubah'. Perubahan itu tidak saja membutuhkan daya saing namun juga proses adaptif yang fleksibel.

Berangkat dari premis itu, transformasi harus melahirkan perubahan mendasar. Dalam konteks arah Pembangunan Aceh Hebat, harus bisa bertransformasi dari ekonomi berbasis `konsumsi' (economic consumption base) menjadi ekonomi berbasis komoditi (economic commodity base). Pada gilirannya nanti harus beralih pada ekonomi berbasis produksi (economic production base).

Meluaskan jangkauan multiple effect aktivitas ekonomi untuk mempengaruhi seluruh koneksi pada penguatan kapasitas manusia pada tingkat keterampilan dan keahlian, membuka peluang kerja dan peningkatan produktivitas yang berimbas pada peningkatan perkapita. Tidak ada komponen yang dianggap cateris paribus-diabaikan, sekecil apapun komponen dalam pembangunan bisa berkontribusi positif bagi pembangunan itu sendiri.

Di level politik seperti disampaikan Otto Syamsuddin Ishak, Aceh bertransformasi dari `politik bersenjata' menuju `politik diplomasi'. Namun sayangnya transformasi berhenti di sana, tidak dilanjutkan keberhasilannya di level implementasi sehingga berdampak secara luas pada proses reintegrasi yang nyaris gagal, pembangunan yang tidak punya basis perencanaan yang kokoh dan skala prioritas atas cetak biru perencanaan pembangunan.

                                                                                                                  Gagasan transformasi

Bagaimana upaya mengakselerasikan antara transformasi dengan berbagai persoalan yang membelit Aceh terkini, terdapat beberapa alternatif proses skenario yang melatarbelakangi proses sebuah transformasi agar dapat menjadi bahan introspeksi mencari solusi terbaik bagi pembangunan Aceh kedepan. Terdapat sembilan gagasan soal transformasi yang mengemuka dalam forum besar ASEAN yang dapat dipetik pembelajarannya.

Pertama; tranformasi by krisis. Krisis dapat menstimulasi dan menjadi faktor motivasi untuk sebuah perubahan. Sebagaimana tsunami yang kemudian `memaksa' semua pihak yang terlibat konflik selama beberapa dasawarsa di Aceh untuk duduk di meja perundingan menentukan masa depan Aceh dan berakhir pada perdamaian kedua belah pihak di Helsinki, Finlandia 15 Agustus 2005.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved