Breaking News:

Investasi

Besok Terakhir Masa Penawaran Sukuk Negara Tabungan Seri ST005

Di Aceh ada sejumlah pembangunan yang pembiayaannya dari sukuk tabungan antaranya Asrama Haji, Universitas Teuku Umar, IAIN Langsa, Flyover Simpang Su

Penulis: Mawaddatul Husna | Editor: Ansari Hasyim
FOTO/HUMAS PEMERINTAH ACEH
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Dirut BPR Mustaqim Sukamakmur, Sri Hartati, dan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memperlihatkan buku tabungan dari BPR tersebut, usai peresmian Kantor Pusat Operasional BPR Mustaqim Sukamakmur, di Batoh, Banda Aceh, Selasa (5/2). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah resmi membuka masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST005 secara online (e-SBN) kepada investor individu warga Negara Indonesia.

Masa penawaran sudah berlangsung mulai 8 Agustus 2019, dan akan berakhir besok, Rabu (21/8/2019) pukul 10.00 WIB.

Kasi Perencanaan dan Pengembangan Pembiayaan Proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kemenkeu RI, Rachmad Faudji SE MAB menyampaikan tujuan penerbitan ST005 secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

"Di Aceh ada sejumlah pembangunan yang pembiayaannya dari sukuk tabungan antaranya Asrama Haji, Universitas Teuku Umar, IAIN Langsa, Flyover Simpang Surabaya," sebutnya saat menjadi narasumber dalam Edukasi dan Sosialisasi Sukuk Tabungan seri ST005, di Aula Kanwil Ditjen Bea Cukai Aceh, Selasa (20/8/2019).

Ia menjelaskan sukuk tabungan merupakan produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan, yang ditujukan bagi investor individu warga Negara Indonesia.

Artinya, selain untuk berinvestasi warga juga ikut membiayai sejumlah pembangunan di Indonesia.

Baca: Ceritakan soal Khofifah Minta Maaf, Enembe: Kenapa Tak Terjunkan Banser untuk Bela Mahasiswa Papua?

Baca: Rahasia Besar di Balik Ertsberg, Perak & Emas Langka di Dalamnya Buat Insinyur Freeport Tergila-gila

Baca: Dua Juta Lebih Nasabah BRI di Aceh Jadi Target Konversi ke Syariah

Dalam hal ini, negara memberikan imbalan menarik dengan hasil tetap 7,4 persen per tahun dan dibayarkan setiap bulan dengan jangka waktu dua tahun.

Minimal untuk pembelian Sukuk Tabungan ST005 mulai Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar.

"Misal masyarakat beli Rp 10 juta, maka setelah dua tahun dikembalikan lagi pokok tabungannya itu. Dan selama uangnya diinvestasikan tersebut, masyarakat diberi imbalan sewa oleh negara 7,4 persen," sebutnya.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ST005 dapat mengakses web Sukuk Tabungan di www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau menghubungi 22 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved