Berita Langsa

Wujudkan Kamtibmas, Wakil Wali Kota Langsa Ajak Penguatan Lembaga Gampong

Dia menambahkan, dalam konteks menjaga kamtibmas, dana desa bisa dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat melalui penyuluhan.

Wujudkan Kamtibmas, Wakil Wali Kota Langsa Ajak Penguatan Lembaga Gampong
SERAMBINEWS.COM/ ZUBIR
Wakil Wali Kota Langsa, DR H Marzuki Hamid saat membuka Bimtek Kamtibmas di Aula Hotel Harmoni Langsa, Kamis (22/8/2019). 

Dia menambahkan, dalam konteks menjaga kamtibmas, dana desa bisa dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan deteksi dini, pencegahan, dan penanganan masalah- masalah kamtibmas.

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, DR H Marzuki Hamid MM mengatakan, ancaman peredaran narkoba, berkembangnya aliran sesat, judi online, prostitusi terselubung, pencurian, begal, geng motor, hingga pergaulan bebas di kalangan anak muda, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelanggaran terhadap ketentuan adat gampong tentang jam bertamu, dan lainnya justru semakin marak. 

"Ancaman ini yang harus mampu dideteksi sejak dini, agar dapat segera dilakukan pencegahan, penindakan, dan dicarikan solusi yang bersifat tepat, cepat, tuntas, dan berkelanjutan," ujar Wakil Wali Kota, di aula Hotel Harmoni Langsa, Kamis (22/8/2019).

Hal ini dikatakannya saat membuka Bimtek keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca: VIRAL – Pengantin Nikah Dekat Jenazah Ibunda, Berawal Kenal dari Medsos & Beda Usia Jauh

Kegiatan ini diikuti 130 perangkat dari 66 gampong yang dilaksanakan oleh Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pejabat Daerah (LP4D) dengan Polda Aceh dan Pemko Langsa.

"Kamtibmas itu bukan hanya tanggung jawab Polri, TNI, Hansip, atau aparat pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat," tegas DR H Marzuki Hamid.

Dia menambahkan, dalam konteks menjaga kamtibmas, dana desa bisa dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan deteksi dini, pencegahan, dan penanganan masalah- masalah kamtibmas. 

Termasuk penyusunan qanun gampong tentang keamanan dan ketertiban dan penguatan kelembagaan organisasi masyarakat yang terkait dengan kamtibmas.

Baca: Air Pasang Laut Kembali Meluap di Aceh Barat

Selain itu, perlu juga dilakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lain yang berkaitan dengan Kamtibmas dan pengadaan sarana untuk menjaga ketertiban gampong.

"Pemko Langsa menyambut baik kegiatan ini, semoga terlaksana dengan baik dan mencapai hasil positif sebagaimana yang kita harapkan tentang pentingnya peran Kamtibmas dalam kehidupan bermasyarakat," imbuhnya.

Adapun pemateri tentang bimtek dan pelatihan keamanan dan kertiban maayarakat ini yaitu, Kasubdit Babinkamtibmas Polda Aceh, AKBP Ruslan Syafi'i.

Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Langsa, Al Azmi SSTP MAP, para camat, dan unsur terkait ainnya. (*)

Baca: Perkenalkan Brigadir Roza, Sosok Polwan dari Lhokseumawe yang Jago Menembak

Penulis: Zubir
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved