Berita Banda Aceh

Anggota DPRK Banda Aceh Sorot Kebersihan Museum Tsunami, Kolam Ikan Keruh Berlumut

Tak hanya kolam museum tsunami yang jorok, beberapa bagian plafon di dalam dan luar gedung juga sudah copot dan berlubang

Anggota DPRK Banda Aceh Sorot Kebersihan Museum Tsunami, Kolam Ikan Keruh Berlumut
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADY
Kolam ikan di Gedung Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh memiliki air yang keruh kecokelatan. Foto direkam Kamis (22/9/2019). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh menyorot Gedung Museum Tsunami Aceh di dekat Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, yang kini kondisinya kurang bersih dan kurang terawat.

Sejumlah fasilitas di pusat pendidikan tsunami terbesar di Indonesia itu tampak usang, bahkan kolam ikan yang menjadi pemandangan utama di tengah gedung memiliki air yang keruh kecokelatan.

Amatan Serambinews.com di Gedung Museum Tsunami, Kamis (22/8/2019) sore, kolam ikan yang dikelilingi bola-bola beton bertuliskan negara donatur pembangunan museum itu sudah dipenuhi lumut dan ganggang.

Meskipun tampak jorok, tak sedikit pengunjung museum yang duduk di tepinya untuk melihat-lihat ikan air tawar atau sekadar ber-selfie ria.

Baca: Kena Baling-Baling Boat, Warga Spanyol Tewas saat Snorkeling di Iboih Sabang

Anggota Komisi A DPRK Banda Aceh, Irwansyah ST yang juga melihat langsung keadaan Museum Tsunami Aceh kepada Serambinews.com, menyayangkan sejumlah fasilitas bangunan yang terkesan kurang terurus itu.

Tak hanya kolam yang jorok, lanjut Irwansyah, beberapa bagian plafon di dalam dan luar gedung juga sudah copot dan berlubang.

Pegangan besi berkarat, karpet lantai terkelupas, papan nama korban ada yang copot, serta sistem pendingin di beberapa ruangan tidak bekerja baik.

“Ada banyak bagian museum yang kondisinya sudah memprihatinkan. Tentu hal ini kalau dibiarkan akan memberikan image tidak baik bagi pengunjung, dan tentu merugikan Aceh dan Banda Aceh,” kata Irwansyah.

Baca: Cuaca Buruk, KMP Teluk Sinabang tidak Berlayar ke Meulaboh

Dia menyoroti joroknya kolam ikan di gedung tersebut yang semestinya rutin dibersihkan.

Halaman
12
Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved