Berita Aceh Barat Daya

AKN Abdya Diterpa Masalah, 92 Mahasiswa Angkatan 2015 Belum Diwisuda, Aset Dalam Gedung Dicuri

“AKN Abdya tak mungkin diaktifkan kembali,” kata Koordinator Pembina AKN Abdya di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ir Krisna Murti MP

AKN Abdya Diterpa Masalah, 92 Mahasiswa Angkatan 2015 Belum Diwisuda, Aset Dalam Gedung Dicuri
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Kondisi gedung AKN Abdya di lokasi bukit Desa Cot Manee, Kecamatan Jeumpa, sangat menyedihkan. Daun pintu dan jendela terbuka, semak belukar tumbuh dari area halaman sampai teras gedung serta peralatan mobiler atau aset bertaburan di luar dan sebagian besar sudah hilang. Foto direkam, Jumat (23/8/2019). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat Daya (Abdya) Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sumatera Barat, sudah tamat atau tidak bisa diaktifkan lagi.  

Sebab, pembiayaannya dihentikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) karena tidak melakukan penerimaan mahasiswa baru 2018/2019.

AKN Abdya berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Nomor 241/P/2014 tanggal 26 Agustus 2014, bersama 17 AKN di seluruh Indonesia.

Kementerian menunjuk Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh sebagai pembina sampai lahir Satuan Kerja (Satker) AKN Abdya yang mandiri.

Perguruan tinggi pendidikan Diploma Dua (D-II) ini telah mewisuda mahasiswa angkatan pertama 2014/2015 sebanyak 120 orang tahun 2016.

Baca: Perkuliahan Terhenti Dua Tahun, Begini Kondisi Kampus AKN Abdya Sekarang

AKN Abdya yang menempati gedung bekas Rumah Sakit Abdya di bukit Desa Cot Manee tidak aktif lagi kegiatan perkuliahan di akhir tahun 2017. Malahan, tahun 2018/2019 tidak melakukan penerimaan mahasiswa baru.     

Mahasiswa angkatan 2015 yang telah yudisium sebanyak 92 orang yang seharusnya diwisuda tahun 2017 hingga sekarang belum terlaksana.

Kemudian, mahasiswa angkatan 2016 sebanyak 86 orang hanya tinggal menyelesaikan Laporan Tugas Akhir LTA untuk diwisuda yang tidak jelas lagi.

“AKN Abdya tak mungkin diaktifkan kembali,” kata Koordinator Pembina AKN Abdya di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ir Krisna Murti MP ketika dihubungi Serambinews.com, Sabtu (24/8/2019).

Halaman
1234
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved