Invest in Aceh

Swedia dan Finlandia Niat Investasi Bidang Energi dan Lingkungan di Aceh

Swedia dan Finlandia tertarik melakukan kerjasama ekonomi di Aceh. Kedua negara tersebut berniat investasi di bidang energi dan lingkungan.

Swedia dan Finlandia Niat Investasi Bidang Energi dan Lingkungan di Aceh
net
Ilustrasi proyek panas bumi. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Swedia dan Finlandia tertarik melakukan kerjasama ekonomi di Aceh. Kedua negara tersebut berniat investasi di bidang energi dan lingkungan.

Kesediaan kedua negara benua biru itu investasi di Aceh disampaikan  Duta Besar Swedia, Marina Berg dan Duta Besar Finlandia Mr Jari Sankiri, saat menerima kunjungan Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haytar secara terpisah Kamis (5/9/2019) dan Jumat (6/9/2019) di Jakarta.

Duta Besar Swedia, Marina Berg  mengatakan negaranya punya niat  melakukan investasi di Provinsi Aceh dalam bidang energi dan lingkungan hidup. 

"Pemerintah Swedia juga sudah melakukan kerjasama ekonomi dengan Pemerintah Indonesia," jelasnya.

Selain mengundang berinvestasi, kepada Dubes Swedia, Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Al Haytar juga  menjelaskan perkembangan Aceh setelah 14 tahun perdamaian.

"Aceh sekarang dalam tahapan-tahapan membenah diri dan pembangunan di berbagai sektor. Kita berharap Swedia dapat berpartisipasi dalam tahapan-tahapan pembangunan tersebut, terkhusus sektor ekonomi, teknologi, kesehatan dan pendidikan," jelas Tgk Malik Mahmud didampingi staf khusus M Raviq.

Tgk Malik Mahmud Al-Haythar mengundang Mrs Marina Berg untuk menghadiri peringatan MoU Helsinki Ke 15 tahun pada Agustus 2020 mendatang.

Secara terpisah Tgk Malik Mahmud, Jumat, (6/9/2019) juga bertemu dengan Duta Besar Filandia Mr Jari Sankiri. Keduanya juga membahas kemungkinan investasi di Aceh dan proses kerterlibatan Filandia dalam perdamaian di Aceh. 

"Kami juga mengajak Pemerintah Filandia kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan dengan Aceh, seperti kita mengajak kerjasama Swedia," kata Malik Mahmud.

Atas ajakan kerjasama itu, dalam waktu dekat Duta Besar Finlandia  akan berkunjung ke Aceh. "Tujuannya  melihat dari dekat potensi Aceh, sehingga dapat dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Filandia," ujar Tgk Malik Mahmud.

Selain itu, lanjut Tgk Malik Mahmud, Duta Besar Finlandia juga bersedia untuk hadir pada acara 15 tahun perdamaian MoU Helsinki tahun 2020 mendatang.(*)

Baca: Rayya Pemeran Video Vina Garut Meninggal, Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Terakhirnya

Baca: Bayi Kambing Bermata Satu Bikin Geger, Begini Penampakannya

Baca: VIDEO - Ironi Lahan Eks GAM, Ketiadaan Modal untuk Bibit dan Sulitnya Mencapai Lokasi

Baca: Jadwal Semifinal Chinese Taipei Open 2019 - Wakil Indonesia Buru Tiket ke Final Demi Gelar Juara

Baca: VIDEO - Polres Aceh Timur Musnahkan Seratusan Knalpot Blong

Baca: Abizar, Dai Cilik Kota Subulussalam, Videonya Ditonton 3.5 Juta

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved