Berita dari Aceh Tengah

Permohonan Paspor dari Dataran Tinggi Gayo Meningkat, Ternyata Buat Umrah dan Berobat ke Luar Negeri

Sebelumnya, permohonan serta pembuatan paspor hanya sekitar 5 sampai dengan 10 buku per hari. Namun dalam 2 bulan terakhir meningkat tajam.

Permohonan Paspor dari Dataran Tinggi Gayo Meningkat, Ternyata Buat Umrah dan Berobat ke Luar Negeri
for serambinews.com
Kepala Kantor Imigrasi Takengon, Fachruddin Romi Noviar Saputra

Permohonan Paspor dari Dataran Tinggi Gayo Meningkat, Ternyata Buat Umrah dan Berobat ke Luar Negeri

Laporan Mahyadi | Takengon

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Takengon, meningkat cukup tinggi setelah berakhirnya musim haji tahun ini.

Pembuatan paspor tersebut didominasi tujuan melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah. Sisanya untuk keperluan berwisata serta berobat ke luar negeri.

Sebelumnya, permohonan serta pembuatan paspor hanya sekitar 5 sampai dengan 10 buku per hari. Namun dua bulan terakhir, jumlahnya meningkat tajam mencapai 20 hingga 30 buku paspor setiap hari.

“Kalau dipersentasekan, peningkatannya mencapai 40 persen setiap harinya,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI, Takengon, Fachruddin Romi Noviar Saputra kepada Serambi, Rabu (10/9).

Fachruddin Romi menuturkan, tingginya antusiasme warga untuk mengurus paspor seiring mulai selesainya pelaksanaan ibadah haji, sehingga sebagian masyarakat di Dataran Tinggi Gayo (DTG) sudah mempersiapkan keperluan untuk keberangkatan ibadah umrah.

“Sudah sejak sekarang mereka mempersiapkan keperluan untuk nantinya berangkat di bulan Oktober dan November,” tuturnya.

Baca: Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Takengon Meningkat Paska Musim Haji

Baca: Aceh Timur Bahas Warga Asing,  Kantor Imigrasi Kumpulkan Muspika

Baca: 164 Jamaah Calon Haji Mulai Buat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa

Tahun ini, lanjut Fachruddin Romi, peningkatannya cukup signifikan karena sejak periode Agustus hingga awal September 2019, Kantor Imigrasi Takengon sudah menerima permohonan paspor sebanyak 668.

“Hampir 62 persennya permohonan dengan tujuan ibadah umroh. Sedangkan sisanya untuk tujuan wisata serta berobat ke luar negeri,” lanjut Fachruddin Romi.

Dia menyebutkan, berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya, peningkatan pengurusan paspor selain setelah selesai musim haji, juga permintaan pembuatan paspor meningkat di bulan-bulan Januari.

“Paling mendominasi untuk tujuan umrah, meski ada juga untuk tujuan lain. Frekuensi pengurusan paspor menurun biasanya pada saat menjelang pelaksanaan ibadah haji,” sebutnya.

Kepala Kantor Imigrasi Takengon ini, menambahkan, pihaknya sedang berupaya untuk melakukan peningkatan standar pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan paspor, khususnya di empat kabupaten, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara, yang menjadi wilayah kerja Imigrasi Takengon.

“Jadi, masyarakat bisa mengunduh aplikasi layanan Antrean Paspor Online (APAPO) di playstore dan App Store. Layanan berbasis online ini untuk menentukan jadwal kedatangan ke Kantor Imigrasi, untuk menghindari antrean panjang,” pungkasnya.(*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Said Kamaruzzaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved