Malam Besok Pengurus Kadin Aceh Dilantik  

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, Sabtu (14/9/201) malam besok, dijadwalkan melantik

Malam Besok Pengurus Kadin Aceh Dilantik   
IST
Makmur Budiman

BANDA ACEH - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, Sabtu (14/9/201) malam besok, dijadwalkan melantik Dewan Pengurus Kadin Provinsi Aceh Periode 2019-2024. Pelantikan yang rencananya turut dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, itu akan berlangsung di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, mulai pukul 20.00 WIB. Pengurus Kadin Aceh yang dilantik tersebut diketuai oleh H Makmur Budiman SE.

Seperti diketahui, Makmur Budiman yang juga Direktur Utama PT Makmur Inti Sawita itu ditetapkan menjadi ‘nakhoda’ Kadin Aceh hingga lima tahun ke depan setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Muprov) VI organisasi tersebut di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, Rabu (19/6/2019) lalu. Dalam melaksanakan tugas nanti, Makmur Budiman yang juga Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banda Aceh Periode 2019-2022 ini, dibantu para wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan sejumlah pengurus bidang.

Makmur Budiman kepada Serambi, Kamis (12/9/2019) sore, mengatakan, pelantikan itu akan dihadiri pengurus Kadin dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, unsur Forkopimda Aceh, perwakilan BUMD/BUMN, pimpinan dan anggota DPRA, para kepala SKPA, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Pelantikan tersebut, sambung Makmur, akan dirangkai dengan Rapat pimpinan provinsi (Rapimprov) Kadin Aceh Tahun 2019.

“Rapat tersebut akan kita laksanakan pada hari Minggu, 15 September 2019, juga di Anjong Mon Mata. Rapimprov Kadin Aceh kali ini akan mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Produktivitas Pengusaha Aceh Menuju Aceh Hebat.’ Rapat tersebut rencananya akan dibuka Plt Gubernur Aceh, Bapak Ir Nova Iriansyah MT, saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Kadin Aceh,” ungkap Makmur Budiman.

Seusai pelantikan, tambah Makmur, pada Sabtu (14/9/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB, akan dilakukan ramah tamah dan makan malam bersama di Kantor Kadin Aceh. “Kami berharap dukungan dari semua pihak agar kedua agenda yang akan kita laksanakan ini dapat berlangsung sukses sejak awal sampai akhir,” harap Makmur.

Sehubungan dengan pelantikan itu, Makmur menyatakan, pihaknya menaruh harapan besar agar Pemerintah Aceh, pemerintah kabupaten/kota di Aceh, dan Kadin pusat bisa membantu Kadin Aceh dalam menjalankan organisasi dengan baik serta bisa menjadi bagian penting dari pihak yang memajukan perekonomian Aceh dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Bantuan itu sangat kita butuhkan. Sebab, di satu sisi Aceh punya potensi di berbagai sektor seperti perkebunan, perikanan, dan perdagangan. Tapi, di sisi lain pembangunan ekonomi Aceh masih menemui banyak hambatan seperti tak berfungsinya sejumlah pelabuhan, sehingga semua komoditi dari Aceh harus diekspor melalui Belawan, Sumatera Utara,” ungkapnya.

Jika Aceh bisa mandiri, tambah Makmur Budiman, uang yang berputar di Bumi Serambi Mekkah akan lebih banyak. “Menurut perkiraan kami, selama ini dalam setahun uang yang dikeluarkan dari Aceh untuk membeli satu jenis barang saja hampir mencapai satu triliun rupiah,” tandasnya.

Karena itu, Makmur Budiman kembali meminta Pemerintah Aceh, pemerintah kabupaten/kota se-Aceh, dan Kadin Pusat memikirkan bagaimana caranya agar Aceh bisa terbebas dari hambatan tersebut. Sehingga pada saatnya nanti Aceh akan menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang baik.

“Di samping itu, kita juga mempunyai tugas mulia untuk memikirkan ide, gagasan, dan solusi bagaimana caranya agar Aceh bisa keluar dari kemiskinan. Mudah-mudahan dengan kolaborasi dan pemikiran bersama antara Pemerintah Aceh, pemerintah kabupaten/kota se-Aceh, DPRA dan DPRK, akademisi, serta kadin, Aceh bisa bangkit,” demikian Makmur Budiman.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved