Berita Bireuen

Wajah Gembira Nek Syammah Saat Menerima Bantuan Dinsos, Begini Kehidupannya

Ia dibangunkan tetangga karena ada tamu dari Dinsos Bireuen atas nama Dinsos Aceh bersama camat kuala dan relawan sosial lainnya.

Wajah Gembira Nek Syammah Saat Menerima Bantuan Dinsos, Begini Kehidupannya
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN
Nek Syammah sedang menerima bantuan dari Dinsos Aceh yang diserahkan tim dari Dinsos Bireuen bersama camat dan perangkat desa, Selasa (17/09/2019) sore. 

Ia dibangunkan tetangga karena ada tamu dari Dinsos Bireuen atas nama Dinsos Aceh bersama camat kuala dan relawan sosial lainnya.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM- Nek Syammah  Saleh  (74), warga Dusun  Tgk Ben Lung, Desa  Geulumpang Baroh, Kuala, Bireuen, Selasa (17/09/2019) sore sedang tidur di rumahnya.

Ia dibangunkan tetangga karena ada tamu dari Dinsos Bireuen atas nama Dinsos Aceh bersama camat kuala dan relawan sosial lainnya.

Didampingi Mukhlis, Sekdes Geulumpang Baroh, ia keluar dari rumahnya yang sederhana berdiri di pintu rumah, sejumlah orang mendekat dan menyalaminya.

Sekdes menerangkan, ada sejumlah tamu dari Dinsos mengantar bantuan dari Dinsos Aceh untuk nenek, ia belum begitu paham
dan tamu memintanya duduk di bangku samping rumah.

Seorang petugas Dinsos menanyakan dengan siapa tinggal di rumah, ia mengaku sendiri, sedangkan anaknya ada di tempat lain. “Bagaimana kalau nenek tinggal di panti jompo, nenek tinggal istirahat saja,  shalat, makan teratur mau nek,” tanya Faisal  Kamal S Sos Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinsos Bireuen.

Beberapa kali diterangkan, nek Syammah suaminya sudah lama meninggal dunia tidak menjawab mau atau tidak  dan mengaku biar tinggal di rumah saja.

Rumah ditempatinya merupakan bantuan masyarakat setempat, di dalamnya satu kelambu, satu kasur  sudah lusuh, sedangkan di bagian pintu terdapat puluhan botol air mineral dan barang bekas lainnya yang dikumpulkan  untuk dijual.

Baca: Mira Ariska, Sukses Melakoni Bisnis Kue Online di Bireuen

Baca: VIDEO - Kodim 0103 Aceh Utara Sidak Kendaraan Dinas Prajurit

Baca: BREAKING NEWS - Mahasiswa STAIN Meulaboh Demo Kampus, Tuntut Kejelasan Lokasi dan Jadwal Kuliah

Nek Syammah walaupun sudah usia lanjut, tetapi masih sanggup berjalan di seputaran desa itu mengumpulkan botol air mineral untuk dijual. Hidupnya sendiri, alat penerangan listrik bantuan keluarga.

Tim dari Dinsos menjelaskan maksud kendatangan mereka yaitu mengantar bantuan Asistensi usia lanjut (Aslut) sumber APBA tahun 2019, besarnya bantuan untuk nek Syammah Rp 3,6 juta.

Dengan wajah gembira, Nek Syammah menerima bantuan tersebut dan mengaku sudah ada uang untuk
beli besar dan kebutuhan lainnya.

Petugas Dinsos menyarankan bantuan itu selain membeli beras, beli satu kasur pengganti yang sudah lapuk, kemudian lemari kecil untuk menyimpan pakaian, karena tidak ada lemari, baju diletakkna begitu
saja di dalam rumah.

Faisal Kamal kepada Serambinews.com mengatakan, tahun ini  sebanyak 30 orang warga miskin berusia lanjut dan sakit-sakitan di Bireuen menerima bantuan Aslut di tiga kecamatan yaitu Juli, Jeumpa dan Kuala masing-masing kecamatan 10 orang.

Besarnya bantuan diterima Rp 3,6 juta untuk satu tahun. Tim dari Dinsos Bireuen bersama relawan dan camat mengantar bantuan ke rumah penerima sejak kemarin sampai selesai.

Bantuan tersebut untuk pemenuhan kebutuhan hidup lansia baik kebutuhan pangan, obat-obatan maupun kebutuhan lainnya yang mendesak. (*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Nur Nihayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved