Dahlan Jamaluddin Ketua DPRA

Partai Aceh (PA) menunjuk H Dahlan Jamaluddin SIP sebagai Ketua sementara dan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Dahlan Jamaluddin Ketua DPRA
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI

BANDA ACEH - Partai Aceh (PA) menunjuk H Dahlan Jamaluddin SIP sebagai Ketua sementara dan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) periode 2019-2024.

Penunjukan itu diketahui setelah PA mengusulkan nama calon ketua sementara dan definitif DPRA periode 2019-2024 ke Pimpinan DPRA Cq Sekretariat DPRA. 

Surat dengan Nomor 0135/DPA-PA/IX/2019 tertanggal 19 September 2019 itu ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPA PA, H Muzakir Manaf dan H Kamaruddin Abubakar.

Surat itu juga ditembuskan ke Majelis Tuha Peut dan Majelis Tuha Lapan DPA PA. Penunjukan Dahlan mengacu pada SK DPA PA, Nomor 092/KPTS-PDA/XI/2019, tanggal 19 September 2019.

Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak yang dikonfirmasi Serambi, Selasa (24/9/2019), membenarkan informasi tersebut. "Alhamdulillah, betoi (benar) Dahlan ditetapkan sebagai Ketua DPRA," kata Abu Razak singkat melalui WhatsApp.

PA meraih kursi ketua DPRA setelah memenangkan Pemilu 2019 dengan peroleh 18 kursi. Sementara tiga kursi wakil ketua diraih Partai Demokrat (10 kursi), Golkar (9 kursi), dan Gerindra (8 kursi).

Juru Bicara (Jubir) DPA PA, H Muhammad Saleh menambahkan, penetapan Dahlan Jamaluddin sudah melalui berbagai proses panjang di internal partai usai Pileg lalu.

"Mulai dari menerima dan memahami aspirasi arus bawah seperti jajaran Partai Aceh serta Komite Peralihan Aceh (KPA) hingga faktor keterwakilan dan keseimbangan antar wilayah," katanya.

Sebelumnya, ada beberapa nama yang masuk dalam bursa calon ketua DPRA dari PA, seperti Iskandar Usman Al Farlaky, Azhar Abdurrahman, Saifuddin, dan Ismail A Jalil.

Tapi, DPA PA bersama Tuha Peut yang dipimpin Tengku Malek Mahmud Al-Haytar memilih Dahlan Jamaluddin, anggota DPRA terpilih dari dapil II (Pidie-Pidie Jaya). Dahlan resmi menduduki jabatan itu setelah dilantik pada 30 September mendatang bersama 80 anggota DPRA lainnya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved