INFO ACEH TIMUR

Bupati Rocky Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Irigasi

Bupati Rocky juga mengajak masyarakat memanfaatkan setiap lahan agar ditanam tanaman bermanfaat.

Bupati Rocky Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Irigasi
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, bantu warga membersihkan irigasi Jambo Reuhat di Gampong Gureb, Idi Rayeuk,, Aceh Timur, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, mengajak masyarakat sepanjang lintasan irigasi Jambo Reuhat, dari Kecamatan Banda Alam, Idi Tunong, hingga Idi Rayeuk, agar menjaga kebersihan irigasi dengan tidak membuang sampah apapun ke dalam irigasi tersebut.

“Fungsi irigasi untuk kepentingan masyarakat banyak untuk bersawah. Apalagi sawah warga yang dialiri irigasi di tiga kecamatan ini sangat produktif, karena itu ini tugas kita bersama menjaga kebersihannya,” pinta Bupati Rocky panggilan akrab Hasballah Bin HM Thaib, di sela-sela meninjau warga bergotong royong di Gampong Gureb, Kecamatan  Idi Rayeuk, Jumat (18/10/2019).

Jumat pagi Bupati Rocky, didampigi Camat Idi Rayeuk, Iswandi, dan Sekretasi LHK, Yunus, meninjau sekolah SD Gureb yang terendam banjir, akibat saluran irigasi mandek usai diguyur hujan Rabu pagi kemarin, sehingga meluap ke halaman sekolah.

Ternyata setelah disurvei selain irigasi banyak tertutup sampah dan rumput, juga disebabkan gorong-gorong pada bagian hulu irigasi amblas sehingga air irigasi tergenang, dan meluap.

“Namun setelah gorong-gorong diperbaiki saluran air kembali lancar. Namun, demikian kita tetap mengimbau masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan irigasi dengan tidak membuang sampah,” pinta Bupati Rocky.

Bupati Rocky juga mengajak masyarakat memanfaatkan setiap lahan agar ditanam tanaman bermanfaat.

Seperti, pada bahu irigasi bupati meminta warga untuk menanami tanaman sere wangi, atau tanaman jenis lainnya yang bermanfaat.

Sementara itu, Amri, Keuchik Gampong Gureb, mengaku akan menyahuti arahan Bupati Rocky, untuk menanam tanaman bermanfaat pada bahu irigasi.

BEREH, Catatan Perjalanan Keliling Aceh

Irwansyah Dilaporkan ke Polisi oleh Medina Zein, Dituduh Gelapkan Uang Rp 1,9 Miliar

Besok, Turnamen Sepakbola Antarpelajar Aceh Utara Dibuka, Ini 32 Tim yang Akan Berlaga

“Insya Allah akan kita kembangkan tanaman yang bermanfaat. Selain itu, kita akan giatkan terus program gotong royong untuk menjaga kebersihan,” ungkap Amri. 

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved