Bunga Bangkai

Tiap Tahun Tumbuh di Kedabuhen, Bunga Bangkai Rafflesia Juga Pernah Mekar di Subulussalam

Menurut warga, bunga Rafflesia biasa tumbuh di Kedabuhen bagian atas jalan, sementara untuk yang menjulang tinggi di sekitar bawah dekat sungai.

Tiap Tahun Tumbuh di Kedabuhen, Bunga Bangkai Rafflesia Juga Pernah Mekar di Subulussalam
Hand-over kiriman warga.
Bunga bangkai (Amorphopalus titanuum) ditemukan tumbuh di tengah hutan dekat perkebunan warga Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Minggu (27/10/2019). 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM – Areal hutan di kawasan Kedabuhen, Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam dinilai menjadi habitat bunga bangkai (Amorphopalus titanuum) karena setiap tahun kerap tumbuh di sana.

Seperti yang ditemukan Rajo Tumangger dan Indra, Minggu (27/10/2019) menemukan dua kuntum bunga bangkai (Amorphopalus titanuum).

Bunga bangkai ini ditemukan dua warga pencari kayu gaharu tak jauh dari tepi sungai Lae Kombih. Rajo merupakan penduduk asli desa Jontor sementara rekannya Indra asal Banda Aceh.

Saat menemukan bunga tersebut, Rajo dan rekannya sedang berjalan di lokasi tersebut  dan mencium bau busuk yang menyengat. Kemudian penemuan aneh itupun diposting di akun media sosial facebook disertai foto-foto selfie di lokasi bunga bangkai tumbuh.

Diperkirakan tinggi salah satu bunga dari tanah hingga kelopak sekitar 110 sentimeter dan berbau seperti bangkai.

Sedangkan yang satu lagi berketinggian 120 lebar namun belum mekar sempurna. Kedua kuntum bunga bangkai  itu mempunyai kelopak berwarna ungu dengan bercak-bercak putih tidak beraturan.

Rajo mengaku sudah biasa menemukan bunga bangkai di areal Kedabuhen sehingga saat mencium aroma bau bangkai tidak terlalu curiga.

Dia pun menyempatkan diri mengabadikan dengan kamera phonsel. Sampai saat ini, kata Rajo bunga bangkai masih tumbuh di lokasi sehingga siapa yang berkesempatan untuk melihat dapat menyusuri jurang Kedabuhen.

Lebih jauh Rajo memperkirakan kawasan Kedabuhen tersebut adalah habitat tumbuhnya bunga bangkai.

Halaman
123
Penulis: Khalidin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved