UMKM Aceh

Tingkatkan Akses Pemasaran, Empat UMKM Aceh Hadiri FESI di Surabaya

Festival Ekonomi Syariah Indonesia merupakan bentuk dukungan BI terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Tingkatkan Akses Pemasaran, Empat UMKM Aceh Hadiri FESI di Surabaya
Dok Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh
Satu diantara pelaku UMKM Aceh yang mengikuti Festival Ekonomi Syariah Indonesia (FESI) 2019 yang digelar di Grand City Surabaya, mulai Rabu (6/11/2019) hingga Sabtu (9/11/2019). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka meningkatkan akses pemasaran dan promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, empat pelaku UMKM Aceh diundang dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah Indonesia (FESI) 2019 yang digelar di Grand City Surabaya, mulai Rabu (6/11/2019) hingga Sabtu (9/11/2019).

Keempat UMKM itu masing-masing bergerak di bidang fashion, kerajinan dan kopi. Yaitu Karya Indah Bordir (pengrajin tas sulaman khas Aceh), Kreatif Kubu (pengrajin tas enceng gondok), Surita Bordir (kain bordir dengan motif khas Aceh), dan Bawadi Coffee (pengusaha kopi specialty “Gayo”). 

Owner Bawadi Coffee, Teuku Dhahrul Bawadi, Kamis (7/11/2019) menyampaikan, melalui even tersebut pihaknya bisa lebih memahami permintaan dan potensi pasar, serta mampu membandingkan keunikan dan keunggulan kualitas kopi aceh dibandingkan provinsi lainnya.

Sementara Manajer Galeri Bordir Bungong Aceh, Ellisa juga menyampaikan hal yang sama. Ia berharap tas bordir yang diproduksi di wilayah Montasik, Aceh Besar ini dapat memperoleh pembeli potensial pada even tersebut.

Selain itu, ia juga bisa memperoleh masukan positif agar kualitas tas yang dihasilkan dapat terus ditingkatkan sesuai selera konsumen. 

“Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam mengikuti pameran seperti ini adalah respon para pengunjung. Dari sana kita dapat mendengar komentar dan masukan yang konstruktif untuk senantiasa berbenah baik dari sisi kualitas, kuantitas hingga pelayanan pengiriman barang” sebutnya.

Keempat UMKM Aceh ini juga dapat mengikuti beberapa seminar penting, seperti UMKM Menembus Pasar Internasional, dan seminar Urgensi Sertifikasi Halal yang dilaksanakan dalam rangkaian FESI 2019. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima Serambinews.com dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh disampaikan partisipasi pada seminar itu akan memberikan tambahan wawasan bagi para peserta terkait mekanisme perdagangan ekspor impor, tanpa melupakan pentingnya label halal dalam suatu produk (terutama makanan dan minuman).

Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia merupakan salah satu bentuk dukungan BI terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia. 

Festival Ekonomi Syariah yang digelar di berbagai daerah, termasuk yang diselenggarakan di Surabaya saat ini merupakan sarana untuk menampilkan dan mempromosikan produk maupun kegiatan terkait ekonomi syariah secara terstruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Rangkaian kegiatan FESyar Indonesia 2019 meliputi Sharia Economic Forum (rangkaian seminar bertemakan ekonomi, keuangan dan edukasi islami) dan Sharia Economic Fair (talkshow, lomba, expo produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia, serta business matching berskala nasional/internasional antara usaha besar dengan UMKM dan antar lembaga keuangan). 

Melalui langkah tersebut, peran BI dalam mendorong ekonomi dan keuangan Syariah untuk mendukung pertumbuhan dan ketahanan perekonomian daerah dan nasional diharapkan semakin meningkat.(*)

Punya 12 Juta Subscribers, Chanel Calon Sarjana Ternyata Kedapan Curi Konten Youtuber Luar Negeri

Dokter Ini Pukuli Wajah Kekasihnya hingga Remuk, Pelaku Marah Korban Menolak Berhubungan Badan

Pergoki Istri Selingkuh Dengan Oknum Perwira Polda dalam Rumah, Bininya Malah Usir Suami

Musliadi dan Nurul Safitri Terpilih sebagai Duta Kamtibmas Aceh Selatan

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved