Pemerintah Aceh Respons Usulan Bangun Monumen Tjoet Nja’ Dhien  

Aktivis perempuan yang tergabung dalam wadah organisasi Laskar Tjoet Nja’ Dhien mengajukan lima poin usulan kepada Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh Respons Usulan Bangun Monumen Tjoet Nja’ Dhien   
SERAMBINEWS/NASIR NURDIN
Ibu-ibu yang tergabung dalam wadah Laskar Tjoet Nja’ Dhien menyanyikan mars Tjoet Nja’ Dhien dan pembacaan puisi ‘Wanita dari Lampadang’ pada puncak peringatan mengenang 111 tahun wafatnya pahlawan nasional dari Aceh tersebut di arena Car Free Day, Jalan Tgk Daud Beureu-eh, Banda Aceh, Minggu (17/11/2019). 

BANDA ACEH - Aktivis perempuan yang tergabung dalam wadah organisasi Laskar Tjoet Nja’ Dhien mengajukan lima poin usulan kepada Pemerintah Aceh pada momentum mengenang 111 tahun wafatnya pahlawan nasional Tjoet Nja’ Dhien.  Salah satunya adalah usulan pembangunan monumen pahlawan nasional tersebut di tanah kelahirannya, kawasan Lampadang (Gampong Lamteh), Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Puncak peringatan mengenang 111 tahun wafatnya Pahlawan Nasional Tjoet Nja’ Dhien dilaksanakan oleh Laskar Tjoet Nja’ Dhien Aceh di arena Car Free Day, Jalan Tgk Daud Beureu-eh (depan Kantor Bappeda Aceh) di Banda Aceh, Minggu (17/11). Acara dihadiri Kadis Sosial Aceh Drs Alhudri mewakili Plt Gubernur Aceh, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, dan sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Aceh maupun Pemko Banda Aceh.

Plt Gubernur Aceh dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Sosial Aceh mengapresiasi berbagai usulan yang disuarakan masyarakat, termasuk oleh Laskar Tjoet Nja’ Dhien sebagai wujud penghormatan dan mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa, termasuk Tjoet Nja’ Dhien. “Kita bersyukur, Laskar Tjoet Nja’ Dhien berani tampil ke depan untuk mengusulkan berbagai ide termasuk membangun Monumen Tjoet Nja’ Dhien. Pemerintah Aceh tentu mendukung usulan ini,” katanya.

Menurut Alhudri, selain Monumen Tjot Nja’ Dhien di Lampadang, Pemerintah Aceh juga akan merenovasi makam Pahlawan Nasional Tjot Nja’ Dhien di Sumedang, Jawa Barat. “Renovasi itu akan kita lakukan pada tahun 2020,” ujarnya menjawab Serambi di sela-sela acara tersebut.

Dukungan terhadap ide dan usulan Laskar Tjoet Nja’ Dhien juga ditegaskan oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. “Pemko Banda Aceh mengapresiasi usulan tersebut dan kita siap mendukung,” tandasnya.

Ketua Laskar Tjoet Nja’ Dhien Aceh, Hj Rukaiyah Ibrahim Na’im menginformasikan, ada lima tuntutan yang mereka ajukan kepada pemerintah pada momentum peringatan 111 tahun wafatnya Tjoet Nja’ Dhien tahun 2019. Tuntutan tersebut, katanya, menjadi kesepakatan bersama untuk segera direalisasikan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap nilai-nilai luhur yang diwariskan pahlawan bangsa.

Kelima poin tuntutan dan kesepakatan bersama itu meliputi, pertama, pembangunan monumen Tjoet Nja’ Dhien di Lampadang (Lamteh), Aceh Besar; kedua, diadakan peringatan hari pahlawan Tjoet Nja’ Dhien di Provinsi Aceh setiap tanggal kelahiran dan wafatnya pada bulan November; ketiga, wajib berbahasa Aceh sekali dalam seminggu di semua lini pemerintahan dan sekolah.

Berikutnya, keempat, berbusana nuansa Aceh sekali dalam seminggu di semua lini pemerintahan Provinsi Aceh dan pelajar; dan, kelima, pemutaran film Tjot Nja’ Dhien di SD dan SMP se-Provinsi Aceh pada peringatan hari kelahiran Tjoet Nja’ Dhien setiap 6 November.

Butir-butir tuntutan dan kesepakatan bersama itu, menurut Rukaiyah sudah disampaikan pihaknya ketika beraudiensi ke Bupati Aceh Besar, Pimpinan DPRK Aceh Besar dan Pimpinan DPRK Banda Aceh, Ketua Bappeda Aceh, Kepala Badan Kesbangpol, Ketua Fraksi PPP DPRA, Fraksi PNA DPRA, dan berbagai pihak lainnya baik di jajaran eksekutif maupun legislatif.

 “Paling tidak pada tahap awal ini, usulan/tuntutan kami mendapat respons positif dan dukungan dari Pak Bupati Aceh Besar, Wali Kota Banda Aceh, Pemerintah Provinsi, pihak legislatif baik di DPRK Banda Aceh, Aceh Besar, maupun DPRA,” demikian Rukaiyah.(nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved