Transparansi

GeRAK Minta Pemerintah Aceh Buka Data Secara Luas Terkait Sumber Daya Alam ke Masyarakat

Melalui forum ini, kata Fernan, secara bersama membahas pelaksanaan open data platform di lingkungan Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) khususnya dar

GeRAK Minta Pemerintah Aceh Buka Data Secara Luas Terkait Sumber Daya Alam ke Masyarakat
SERAMBINEWS.COM/Dok. GeRAK
Kadiv Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan sedang menyampaikan materi pada acara seminar dan lokakarya di Banda Aceh, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh meminta Pemerintah Aceh perlu membuka data dan informasi mengenai sumber daya alam (SDA) ke masyarakat secara luas.

Hal itu dikemukakan dalam seminar dan lokakarya kolaborasi bersama mewujudkan open data sektor sumber daya alam yang dilaksanakan GeRAK Aceh, di Banda Aceh, Rabu (4/12/2019).

Sebagaimana diketahui saat ini Pemerintah Aceh telah mempublikasi sebanyak 100 dataset dalam format data terbuka melalui portal data resmi Pemerintah Aceh (https://data.acehprov.go.id).

Data terbuka yang disajikan dalam portal tersebut sangat mudah digunakan dan dapat memvisualisasikan secara langsung untuk dimanfaatkan kembali oleh pengambil kebijakan dan pihak lain seperti peneliti, CSO, jurnalis, dan sebagainya.

Kadiv Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan berharap Pemerintah Aceh masih perlu memproduksi dan membuka data SDA yang dibutuhkan publik melalui portal data.

Peringati Milad ke-8, PNA Banda Aceh Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

Cerita Ronaldo Tunggu di Mobil, Muncul Begitu Diumumkan Jadi Penyerang dan Pemain Terbaik Serie A

Peringati Milad GAM, Majelis Tinggi Wali Nanggroe Gelar Doa Bersama

“Meskipun saat ini telah ada beberapa informasi yang dapat diakses, tapi masih perlu ditingkatkan,” kata Fernan.

Fernan menyebutkan, sejauh ini informasi mengenai SDA yang telah diupload ke portal Pemerintah Aceh sebanyak 100 dataset. Kemudian 102 data melalui portal data GeRAK Aceh (https://data.gerakaceh.id).

"Artinya, saat ini sudah ada 202 data sumber daya alam Aceh yang bisa diakses oleh masyarakat," kata Fernan.

GeRAK Aceh, lanjut Fernan, terus mendukung upaya pemerintah lebih terbuka, seperti yang sudah dilakukan selama ini yakni memberikan pelatihan terhadap SKPA dan masyarakat dalam pengelokaan dan penggunaan data terbuka.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved