OPM

TNI Temukan Markas Pasukan OPM di Intan Jaya Papua

Anggota OPM yang ada di perkampungan tersebut sekitar 70 orang. Jumlah senjata api yang ditemukan di markas OPM tersebut sekitar 20 pucuk.

TNI Temukan Markas Pasukan OPM di Intan Jaya Papua
dok Pendam XVII Cenderawasih
Telangga Gire menyerahkan satu pucuk senjata api jenis Mosser kepada Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo diDistrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua (08/06/2019)(dok Pendam XVII Cenderawasih) 

SERAMBINEWS.COM, JAYAPURA - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih mengonfirmasi bahwa pasukan TNI menemukan markas pasukan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang selama ini beraksi di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi menyebutkan, markas OPM yang disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) oleh pemerintah ini ditemukan di sebuah perkampungan di Distrik Titigi pada Selasa (14/1/2020).

Menurut dia, pasukan TNI sempat melepaskan tembakan yang akhirnya membuat para anggota KKB kabur.

"Kami sempat lepaskan tembakan dua kali, yang pertama diyakini berhasil mengenai seorang anggota KKB yang kemudian digotong oleh teman-temannya ke dalam sebuah honai," kata Dax saat dihubungi, Kamis (16/1/2020).

Dari pantauan di lapangan, menurut Dax, jumlah anggota KKB yang ada di perkampungan tersebut sekitar 70 orang.

Selain itu, jumlah senjata api yang ada di markas KKB tersebut sekitar 20 pucuk senjata.

Namun, setelah para anggota KKB kabur, pasukan TNI tidak melakukan pengejaran.

"Saat ini kami siaga I untuk mengantisipasi adanya balasan dari KKB," kata dia.

Dax menyebutkan, KKB yang ada di Distrik Titigi merupakan gabungan dari dua kelompok, yaitu kelompok pimpinan Lekagak Telenggen dan Militer Murib.

Kedua kelompok tersebut sebelumnya bermarkas di wilayah Kabupaten Puncak. Belum diketahui mengapa mereka berada di Intan Jaya.

Halaman
12
Editor: Taufik Hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved