Virus Corona Serang China

Evakuasi WNI dari Wuhan, Mahasiswa Aceh Akan Dikarantina di Jakarta

Kemungkinan besar para mahasiswa Aceh yang akan dievakuasi dari Wuhan akan dikarantina terlebih dahulu di Jakarta, bersama dengan puluhan WNI lainnya

Evakuasi WNI dari Wuhan, Mahasiswa Aceh Akan Dikarantina di Jakarta
serambinews.com
Anggota Komisi V DPRA, dr Purnama Setia Budi, saat bertemu Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto, Jumat (31/1/2020), membahas soal wabah virus Corona. 

Evakuasi WNI dari Wuhan, Mahasiswa Aceh Akan Dikarantina di Jakarta

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pemerintah telah memastikan akan mengevakuasi seluruh Warga Negera Indonesia dari Wuhan, Provinsi Hubei, Cina.

Kota Wuhan saat ini sedang diisolasi menyusul mewabahnya virus Corona. Data terakhir, jumlah korban tewas mencapai 170 orang dan 1.700 kasus infeksi baru.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan, evakuasi WNI di Wuhan akan dilakukan kurang dari 24 jam.

"Keberangkatan pesawat penjemput bersama tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam," kata Retno dalam pernyataan di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Jumlah WNI yang terjebak di Kota Wuhan mencapai  93 orang, termasuk di dalamnya 13 orang mahasiswa asal Aceh.

Pemerinta Aceh juga telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi dan mengatasi penyebaran wabah corona virus.

Cegah Virus Corona Masuk Aceh, Waled NU Ajak Masyarakat Perbanyak Doa Tolak Bala

Hoaks Bawang Putih Bisa Sembuhkan Virus Corona, Kemenkes Imbau Publik Waspada

UPDATE - Virus Corona di China Telah Renggut 170 Nyawa, 38 Orang Tewas dalam 24 Jam Terakhir

Salah satunya dengan menunjuk dua rumah sakit rujukan untuk penanganan virus mematikan tersebut, yaitu Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) di Banda Aceh dan Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia di Aceh Utara.

Namun berdasarkan hasil kunjungan Komisi V DPRA ke RSUZA beberapa hari lalu, masih terdapat banyak kekurangan yang harus disiapkan oleh pihak rumah sakit dalam upaya penanganan wabah virus berbahaya tersebut.

Kekurangan itu juga disampaikan Anggota Komisi V DPRA, dr Purnama Setia Budi, saat bertemu Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (31/1/2020)

Menkes juga memaklumi hal itu dan berharap kekurangan tersebut menjadi pengalaman ke depan agar lebih siap dalam menghadapi wabah penyakit.

Terkait dengan kondisi tersebut, kemungkinan besar para mahasiswa Aceh yang akan dievakuasi dari Wuhan akan dikarantina terlebih dahulu di Jakarta, bersama dengan puluhan WNI lainnya.

RS Corona Dibangun dalam Waktu 10 Hari, Ternyata China Pernah Bangun Hotel 30 Lantai dalam 15 Hari

Cek Kesiapsiagaan RSUZA Tanggulangi Suspek Virus Corona, Ini Desakan Komisi V DPRA

Kesaksian Mahasiswa Indonesia yang Baru Kembali Dari Wuhan, Sebut Banyak Hoaks Tentang Virus Corona

“Kemungkinan, semua WNI yang akan dievakuasi nanti dibawa pulang dalam satu pesawat. Begitu tiba akan dikarantina dulu di Jakarta, biasanya selama 14 hari,” ujar dr Purnama.

Selain membahas soal penanganan wabah virus corona, di akhir pertemuan tersebut, Menkes juga mengundang Komisi V DPRA untuk berdiskusi perihal kesehatan di Aceh.(*)

Penulis: Yocerizal
Editor: Yocerizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved