Haba Senator

Rapat Kerja Dengan BKPM, Haji Uma Minta Setiap Investasi Utamakan Kepentingan Rakyat

Anggota Komite IV DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma meminta agar setiap investasi tidak hanya menguntungkan negara dan investor.

Rapat Kerja Dengan BKPM, Haji Uma Minta Setiap Investasi Utamakan Kepentingan Rakyat
SERAMBINEWS.COM/Handover
Anggota Komite IV DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma (tengah) berbicara dalam rapat kerja (Raker) Komite IV DPD RI dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI di Ruang GBHN Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komite IV DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma meminta agar setiap investasi tidak hanya menguntungkan negara dan investor.

Namun harus lebih mementingkan keuntungan bagi rakyat dan daerah di lokasi investasi berada.

Hal itu disampaikan Haji Uma dalam rapat kerja (Raker) Komite IV DPD RI dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI di Ruang GBHN Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020) pagi.

"Benar bahwa investasi adalah salah satu motor penggerak pembangunan dan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi. Namun praktiknya belum tentu investasi menguntungkan bagi masyarakat dan daerah,” ujar Haji Uma kepada Kepala BKPM, seperti dikutip siaran pers yang dikirim Muhammad Daud, staf ahli Haji Uma.

“Bayangkan, perusahaan banyak, tapi kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tetap tidak berubah,” lanjut Haji Uma.

Menurut Haji Uma, masalahnya dikarenakan oleh perusahaan yang hanya berorientasi terhadap keuntungannya secara sepihak tanpa mau serius peduli terhadap upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan daerah.

Karena itu, BKPM harus secara intensif dan sistematis melakukan pengawasan di daerah guna menjamin investasi berjalan sesuai harapan.

"Harusnya investasi membuka lapangan kerja secara maksimal bagi sumberdaya di daerah, namun perusahaan berdalih bahwa daerah belum siap secara SDM. Padahal perusahaan ikut punya kewajiban membantu menyiapkan SDM masyarakat di daerah investasi,” pungkas Haji Uma.

Haji Uma Temui Pihak Kemenlu Terkait Evakuasi Mahasiswa Aceh di Wuhan

Haji Uma Minta Kementerian KUMKM Perhatikan Pelaku UMKM Aceh

Eks Kombatan GAM Ini Sakit Parah tak Bisa Jalan, Haji Uma Salurkan Bantuan Kursi Roda

Pada kesempatan itu, Haji Uma juga meminta pemerintah memberi perhatian dan memperkuat Kawasan Industri Khusus (KEK) Arun yang hadirnya diharapkan dapat meningkatkan kemajuan ekonomi daerah.

Namun sejauh ini dipandang belum maksimal pogressnya.

Halaman
12
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved