Berita Aceh Besar

Lahan Kosong Seluas 1 Hektare di Samping SMKN 1 Lhoknga, Aceh Besar Terbakar

Lahan seluas satu hektare di samping SMK Negeri 1 Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (8/2/2020) sekitar pukul 13.30 WIB, terbakar.

Lahan Kosong Seluas 1 Hektare di Samping SMKN 1 Lhoknga, Aceh Besar Terbakar
For Serambinews.com
Petugas pemadam BPBD Aceh Besar dari Pos Peukan Bada, memadamkan api yang membakar lahan kosong di samping SMKN 1 Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (8/2/2020). 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Lahan seluas satu hektare di samping SMK Negeri 1 Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (8/2/2020) sekitar pukul 13.30 WIB, terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran lahan kosong yang juga berada di samping bola kaki di Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar itu.

Tapi, kepanikan cukup menyeruak, karena kebakaran lahan tersebut, mumunculkan asap dan api cukup besar, sehingga dikhawatirkan menjalar ke sekolah menengah kejuruan tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP, mengatakan begitu mendapat informasi kebakaran lahan tersebut dari warga setempat, petugas Pemadam BPBD Aceh Besar dari Pos Peukan Bada langsung bergerak ke lokasi.

Berikut Kronologis Tenggelamnya Remaja di Aceh Jaya

Abdullah Puteh Ingatkan Datok Penghulu Empat Pilar Kebangsaan

Mahasiswa Aceh Singkil Tampil di Festival Melayu Day Thailand

Kebakaran lahan tersebut, pertama kali diketahui oleh warga yang sedang melintas dengan kepulan asap dan kobaran api, sehingga kejadian tersebut langsung dilaporkan ke masyarakat setempat.

“Masyarakat langsung menghubungi petugas pemadam. Begitu mendapat informasi itu satu unit armada pemadam dari Pos Peukan Bada, langsung dikerahkan ke lokasi,” sebut Farhan.

Didampingi Maswani, seorang petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Farhan menerangkan, petugas yang tiba di lokasi, langsung memblokade setelah melihat arah angin, agar api tidak meluas. Apalagi di samping lahan yang terbakar itu terdapat SMK Negeri 1 Lhoknga.

“Untuk penyebab kebakaran masih dalam penanganan pihak berwajib,” pungkas Farhan.
Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Maswani menambahkan pemadaman baru selesai dilakukan sekitar pukul 14.40 WIB yang turut dibantu oleh anggota Polsek dan Koramil Lhoknga serta masyarakat setempat.

“Pak Kalaksa BPBD Aceh Besar juga mengimbau warga untuk tidak membakar sampah sembarangan, tanpa diawasi. Karena untuk kondisi saat berada pada level sangat mudah terbakar lahan dan hutan, karena dalam kondisi musim kemarau,” ungkap Maswani mengutip imbauan Kalaksa BPBD Aceh Besar. (*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved