Belasan Pasien Jalani Operasi, Dalam Rangka HUT Serambi Indonesia

Hari ini, Minggu (9/2), 11 pasien bibir sumbing, celah langit-langit, dan revisi hidung akan menjalani operasi gratis di Rumah Sakit Umum

Belasan Pasien Jalani Operasi, Dalam Rangka HUT Serambi Indonesia
FOTO IST
Tim dokter sedang melakukan operasi pasien bibir sumbing dan langit bocor di RS Malahayati Banda Aceh, dalam rangka HUT Ke-31 Serambi Indonesia dan Smile Train, Minggu (19/1/2020). 

BANDA ACEH - Hari ini,  Minggu (9/2), 11 pasien bibir sumbing, celah langit-langit, dan revisi hidung akan menjalani operasi gratis di Rumah Sakit Umum (RSU) Malahayati, Banda Aceh. Kegiatan  sosial dalam rangka  memperingati HUT Ke-31 Harian Serambi Indonesia bekerja sama dengan  Smile Train itu akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Demikian diungkapkan Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, Rahmad Maulizar, kepada Serambi, Sabtu (8/2). Dikatakan, dari 15 pasien yang mengkonfirmasi kehadiran dan akan dioperasi Minggu pagi, hanya 13 orang yang sudah hadir ke RSU Malahayati, mulai Jumat dan Sabtu (7-8/2). Sementara dua pasien lagi, tidak bisa hadir."Tapi, mereka yang gagal dioperasi kali ini, masih ada kesempatan untuk mendaftar pada operasi tahap ketiga, pada Minggu, 1 Maret 2020, masih dalam rangka HUT Serambi Indonesia," kata Rahmad.

Menurutnya, ke 13 pasien tersebut belakangan diketahui dua orang dalam kondisi tidak sehat akibay menderita pilek dan batuk, sehingga tidak bisa dilakukan penangganan operasi. "Insyaallah, ada 11 pasien yang akan menjalani operasi bibir sumbing, celah langit dan revisi hidung besok (hari ini-red)," sebut Rahmad.

Ia mengungkapkan, kegiatan operasi bibir sumbing, celah langit, dan revisi hidung merupakan kegiatan bakti sosial tahap dua, masih dalam rangka HUT Ke-31 Harian Serambi Indonesia.

"Insyaallah pelaksanaan  operasi tahap ketiga, yakni Minggu (1/3) mendatang, juga akan berlangsung di RSU Malahayati dan masih dalam momen yang sama, yakni HUT Ke-31 Serambi Indonesia," sebutnya.

Operasi yang akan dilaksanakan besok (pagi ini-red) masih ditangani dan dipimpin oleh tiga dokter spesialis bedah plastik, yakni dr Muhammad Jailani SpBP RE-(K), dr Mirnasari Amirsyah SpBP RE, dan dr Samsul Rizal SpBP RE serta dokter anestesi (bius), yakni dr Mujahidin SpAN KAKV.

Rahmad berharap pasien yang sudah berada di RS Malahayati tetap terjaga kesehatan agar bisa menjalani operasi. "Tetap jaga agar tidak pilek dan batuk. Insyaallah sebelum dimulai operasi seluruh pasien akan diskrining atau pemeriksaan kesehatan awal," ujar alumni Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, itu.

Ia pun menerangkan sebanyak 11  pasien tersebut, masing-masing berusia, 3, 4, 7, 9 bulan hingga 15 tahun.  Sementara para pasien berasal dari Banda Aceh, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Besar, Nagan Raya, Aceh Selatan, dan Kota Lhokseumawe. "Kita doakan semoga proses operasi bagi 11 pasien bibir sumbing ini berjalan lancar," pungkas Rahmad Maulizar.

Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, Rahmad Maulizar menambahkan, untuk tahap ketiga pelaksanaan operasi, yakni Minggu, 1 Maret 2020 mendatang masih dalam momen yang sama, yakni dalam rangka memperingati HUT Serambi Indonesia, sudah ada lima pasien yang terdaftar. Kemungkinan jumlah pasien akan bertambah, karena ada pasien yang gagal dioperasi besok (hari ini-red), mungkin bisa dioperasi dalam tahap ketiga itu.

"Kalau memang ada pasien bibir sumbing, cacat celah langit, atau revisi hidung yang ingin dioperasi kami imbau segera mendaftar, tanpa dipungut biaya apapun. Usia pasien dewasa tidak terbatas, namun untuk anak-anak yang baru bisa dioperasi, minimal usia 3 bulan. Pasien yang ingin mendaftar di hari H pun tetap kami terima cukup membawa foto kopi KTP dan KK," tutup Rahmad.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved